in ,

Keren! Temukan Cara Lawan Kanker, 2 Peneliti Ini Terima Nobel

CakapCakap – Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan saat ini, sudah sangat banyak membunuh manusia. Cakap People pun tentu merasa takut dengan penyakit ini, dan berharap tidak akan pernah mengidapnya. Namun, obat yang bisa menyebuhkan dari penyakit kanker belum benar-benar ditemukan hingga sekarang, untuk semua jenis kanker. Nah, kabar gembiranya, ternyata ada dua peneliti berhasil menemukan pendekatan atau cara baru yang bisa digunakan melawan kanker.

Seperti dikutip dari Republika.co.id, Senin (1/9/2018), peneliti dari Amerika Serikat James Allison dan Tasuku Honjo dari Jepang membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh dapat dimanfaatkan untuk melawan kanker. “Allison dan Honjo menunjukan bagaimana strategi berbeda untuk menghambat rem sistem kekebalan tubuh bisa digunakan untuk mengobati kanker,” jelas Majelis Nobel di Institut Karolinska Swedia. Alhasil, mereka berhak menerima penghargaan Nobel 2018 bidang kedokteran.

Dua peneliti kanker, James Allison dan Tasuku Honjo diumumkan sebagai penerima Nobel 2018 bidang kedokteran via https://img.huffingtonpost.com/asset/5bb1effa2500003600384a31.jpeg?cache=7rbnbggdqd&ops=scalefit_720_noupscale

Mereka sendiri mempelajari protein yang dihasilkan oleh sel-sel sistem kekebalan tubuh dan sel-sel kanker. Allison yang merupakan profesor Pusat Kanker Anderson, Universitas Texas, mempelajari protein berfungsi sebagai rem dalam sistem kekebalan tubuh. Jika protein dilepaskan, maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja lebih cepat menyerang sel kanker. Sementara Honjo, profesor dari Universitas Kyoto, secara terpisah menemukan protein kedua dalam sel sistem kekebalan tubuh, yang juga bisa menjadi rem pada sistem kekebalan tubuh, tapi dengan mekanisme yang berbeda.

Menurut VOAIndonesia.com, penghargaan Nobel bidang kedokteran selalu diumumkan pertama kali setiap tahun. Kemudian, diikuti untuk bidang fisika, kimia, dan perdamaian yang akan diumumkan pada minggu ini. Sedangkan penghargaan Nobel 2018 untuk bidang ekonomi akan disampaikan pada Senin, 8 Oktober 2018. Sementara Nobel Sastra tidak akan diberikan pada tahun ini, karena terjadi skandal pelecehan seksual oleh salah satu anggota pada majelis yang memutuskan penghargaan ini.

Para penerima penghargaan Nobel ini sendiri juga akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 9 juta crown, atau setara dengan nilai 1,1 juta dolar AS, atau mencapai sekitar Rp 16,5 miliar. Nah, jika Cakap People bisa melakukan penemuan hebat skala internasional, tentu juga bisa menerima Nobel! [ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wow! Indonesia Kirim Wakil di Ajang Balap Gokart Internasional

Tak Hanya Sedap Dipandang, 5 Bunga Berikut Juga Bisa Diolah Jadi Kuliner Unik!