in ,

Keren! Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia Sukses Meluncur ke Orbit

CakapCakap – Indonesia benar-benar serius untuk memenuhi kebutuhan layanan akses internet di seluruh wilayah Tanah Air, termasuk wilayah timur yang masih jauh ketinggalan saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memasang satelit milik sendiri. Nah, informasi bagi para Cakap People, baru-baru ini satelit Nusantara Satu besutan dari Pasifik Satelit Nusantara (PSN) telah sukses meluncur ke orbit menuju slot orbit yang berada di atas Papua, seperti dilansir laman Merdeka.com.

Satelit Nusantara Satu dari Pasifik Satelit Nusantara (PSN)sukses meluncur ke orbit yang berada di atas Papua. Via timesindonesia.co.id

Satelit milik PSN yakni Nusantara Satu, berhasil diluncurkan dari Cape Canaveral, Amerika Serikat pada Kamis, 21 Februari 2019 pukul 20.45 waktu Florida. Semua sesuai dengan yang direncanakan,” ungkap Direktur Jaringan PSN Heru Dwikartono. Dijelaskannya, posisi saat ini dari Satelit Nusantara Satu dalam proses masuk ke slot orbit yang berada di atas Papua, di mana dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk masuk sesuai orbit. Setelah itu, akan dilakukan serangkaian tes sebelum satelit difungsikan. “Setelah itu siap dimanfaatkan sebagai penyedia kebutuhan masyarakat,” ucap Heru.

Satelit Nusantara Satu sendiri menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dan Electric Propulsion, memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band, serta 8 spot beam Ku-band dengan total kapasitas bandwidth mencapai 13.6 Gbps. Coverage (area cakupan) satelit ini mencapai seluruh wilayah Indonesia. Satelit ini akan ditempatkan di slot orbit 146 Bujur Timur yang akan bergerak bersamaan dengan rotasi bumi. Posisinya tepat berada di atas Papua.

Satelit Nusantara Satu diluncurkan dari Cape Canaveral, AS pada Kamis, 21 Februari 2019 pukul 20.45 waktu Florida. Via sindonews.com

Peluncuran Satelit Nusantara Satu ini pun bisa menjadi tolok ukur kemerdekaan akses internet oleh seluruh rakyat Indonesia, dilansir laman CNBCIndonesia.com. Pasalnya, daerah pelosok Nusantara yang selama ini hanya dapat menikmati akses jaringan internet generasi kedua (2G), dalam waktu dekat jaringan internet generasi keempat (4G) sudah bisa dinikmati berkat adanya satelit baru ini. Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Latif mengatakan Satelit Nusantara Satu bermanfaat meningkatkan penetrasi internet di Indonesia. Kecepatan internet pun akan setaraf dengan teknologi internet fiber optic.

Satelit ini adalah satu dari target lima satelit yang akan disewa pemerintah hingga tahun 2022-2023, sembari menunggu dioperasikannya satelit multifungsi milik pemerintah. Keren ya, Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Astaga! Ternyata YouTube Biang Kerok Tersebarnya Konspirasi Bumi Datar

Bernilai Investasi Tinggi, Ini Dia 3 Tas Chanel Karya Karl Lagerfeld Paling Ikonik!