in ,

Kekuatan Militer Indonesia Berada Diperingkat 16 Dunia, Kalahkan Israel dan Korea Utara

Negara mana saja dengan kekuatan militer terkuat di dunia?

CakapCakapCakap People! Peta kekuatan militer sebuah negara merupakan salah satu benteng pertahanan yang selalu dibanggakan. Kekuatan militer juga bisa terlihat dari seberapa besar porsi anggaran pertahanan yang dialokasikan, jumlah tentara dan persenjataan. Lantas, negara mana yang memiliki kekuatan militer paling besar di dunia ini?

Sumber Foto.

Seperti diketahui, ranking kekuatan militer dunia dari Global Fire Power (GFP) dirilis setiap tahun. Nah, untuk tahun 2019 ini, posisi Indonesia berada pada urutan ke-16 dari 137 negara di dunia.

Pada daftar peringkat tersebut, Amerika Serikat (AS) masih bertengger di posisi nomor satu, kemudian disusul Rusia, China, India, Prancis, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Turki, Jerman, Italia, Mesir, Brazil, Iran dan Pakistan.

Sumber Foto.

Pada 2018 lalu, Israel menempati posisi ke 16, tapi tahun ini posisi Israel diisi oleh Indonesia dan Israel turun diperingkat 17, padahal anggaran pertahanan Israel mencapai USD 19.6 miliar, sementara Indonesia hanya USD 6,9 miliar (menurut situs Global Fire Power).

Global Fire Power menggunakan lebih dari 55 faktor untuk menghitung dan menentukan peringkat kekuatan militer suatu negara. Faktor-faktor itu memungkinkan negara-negara yang lebih kecil, lebih maju secara teknologi untuk bersaing dengan negara-negara yang lebih besar. Selain itu, stabilitas keuangan suatu negara juga diperhitungkan. Hal inilah yang membuat Iran berada di posisi 14 besar.

Sumber Foto.

Dikutip dari Sindonews, Ranking ini hanya didasarkan pada jumlah pasukan, jumlah senjata yang dimiliki suatu negara, dan faktor-faktor lain seperti geografi, sumber daya alam, dan industri lokal. Senjata atau cadangan nuklir tidak diperhitungkan.

Berikut adalah daftar peringkatnya :

1. Amerika Serikat

2. Russia

3. China

4. India

5. Prancis

6. Jepang

7. Korea Selatan

8. Inggris

9. Turki

10. Jerman

11. Italia

12. Mesir

13. Brazil

14. Iran

15. Pakistan

16. Indonesia 

17. Israel

18. Korea Utara

19. Australia

20. Spanyol

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

BMW Buka Pusat Komputasi di Cina Demi Kembangkan Teknologi Mobil Otonom

Luar Biasa! Jepang Sudah Mulai Uji Coba Penerbangan Mobil Terbang