in ,

Kebiasaan Membersihkan Makeup Tak Sempurna, Bulu Mata Wanita Ini Jadi Sarang Tungau Hidup

Satu bulu mata saja bisa menjadi rumah bagi 36 tungau.

CakapCakapCakap People! Jika kamu memiliki kebiasaan enggan untuk membersihkan makeup sebelum tidur, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu sekarang juga. Bersihkanlah makeup wajah kamu dengan sempurna ya. Jangan sampai, bulu mata kamu menjadi sarang tungau hidup.

Dilansir dari Asia One, Minggu, 8 September 2019, peristiwa itu dialami oleh Liu, seorang wanita berusia 32 tahun dari Hubei, Tiongkok. Ia mengalami mata yang kering dan gatal selama enam bulan terakhir. Ia memperhatikan bulu matanya juga sering jatuh. Tidak dapat menahan rasa gatal lagi, dia akhirnya mengunjungi rumah sakit.

Ilustrasi. (Foto: Unpslash)

Hal mengerikan terjadi, karena penyebab sakit pada matanya ternyata adalah ada sarang tungau yang hidup di bawah bulu matanya.

Dokter yang menangani Liu bilang, banyak tungau yang masih bergerak ketika diamati di bawah mikroskop. Liu sendiri sangat terkejut ketika dokter menunjukkan foto-foto tungau itu kepadanya.

Mengenai bagaimana tungau itu bisa ada dan hidup di bawah bulu matanya, sang dokter menyamakannya dengan seragam pekerjaannya yang mengharuskannya untuk melakukan makeup wajah setiap hari.

Ditambah dengan jadwal kerjanya yang sibuk dan waktu yang terbatas untuk beristirahat, Liu tidak terlalu teliti dalam membersihkan makeup-nya, ia bahkan kadang-kadang tak membersihkannya sama sekali.

Seiring waktu, penumpukan kulit mati dan kotoran membuat bulu matanya menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi tungau.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Tungau ini, yang dikenal sebagai tungau Demodex folliculorum, adalah sejenis parasit yang hidup pada manusia. Walaupun mereka umumnya tidak berbahaya, jumlah yang lebih besar dari tungau tersebut dapat menyebabkan banyak masalah kulit yang tidak diinginkan, menurut MedicalNewsToday.

Tungau sangat aktif di musim panas karena cuaca yang hangat. Mereka berkembang biak dengan cepat selama periode ini — satu bulu mata saja bisa menjadi rumah bagi 36 tungau.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Jika saja Liu tidak segera mendapat perawatan lebih lanjut, peradangan di sepanjang bulu matanya bisa menyebar ke bagian lain matanya. Pada kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan blepharitis (radang kelopak mata) atau konjungtivitis (radang konjungtiva).

Untuk mengurangi kemungkinan tungau berkembang biak dalam jumlah besar yang tidak normal, dokter menyarankan Liu dan juga wanita lain untuk membersihkan makeup mereka secara menyeluruh.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Buang Puntung Rokok di Lubang Jalan Berujung Ledakan, Seorang Pria Alami Luka Serius

Gerai Produk Indonesia Pertama di Korea Utara Dibuka di KBRI Pyongyang