in ,

Jarang Disadari, Ini Bahaya Makan Sahur Sembari Nonton Bola

CakapCakap – Cakap People, pertandingan laga semifinal Liga Champions tayang bertepatan dengan jam orang melakukan santap sahur. Bagi pecinta bola tentu hal ini sangat menyenangkan karena bisa sahur ditemani dengan acara favorit.

Namun ada baiknya kamu berhati-hati. Menurut penelitian yang telah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa makan sembari melakukan hal lain bisa mendorong seseorang untuk makan secara lebih banyak, termasuk juga kegiatan menonton televisi.

Nonton bola via detik.com

Hal ini dapat terjadi karena otak yang bakal mengirimkan sinyal kenyang 20 menit setelah kamu mulai makan. Namun jika perhatianmu terganggu oleh acara televisi maka otak bisa lebih lambat dalam mengirimkan sinyal kenyang tersebut. Alhasil, kamu akan makan lebih banyak saat menonton televisi.

Adapun menurut penelitian yang dilakukan, makan sembari menonton televisi tidaklah membantu dalam membakar kalori namun justru mengurangi laju metabolisme tubuh sehingga tubuh tudak cukup menghasilkan energi dalam beraktivitas.

Nonton bola saat sahur bisa berdampak tak baik via majalahanalisa.com

Konsumsi makanan sembari menonton televisi juga berdampak pada terhambatnya rasa puas dalam salah satu kegiatan. Sebagai contoh, kamu tidak akan merasa puas dengan makanan yang telah kamu makan sehingga kamu tertarik untuk mencari jenis makanan yang lain. Untuk itulah, jika kamu melakukan beberapa kegiatan ataupun multitasking ketika makan maka hal ini dapat meningkatkan berat badanmu yang sekarang.

Untuk mencegah kenaikan berat badan selama berpuasa, kamu juga disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi jenis makanan yang manis. Selain itu, akan lebih baik jika kamu memakan masakan yang diolah dengan cara direbus, dikukus ataupun dipanggang. Konsumsi juga sumber vitamin serta mineral yang bisa kamu temukan dalam buah serta sayuran. Selain itu jangan lupa untuk minum 8 gelas per hari.

Kamu juga sebaiknya menghindari tidur setelah makan berbuka ataupun saat sahur. Sebaiknya memberikan jeda waktu bagi tubuh untuk mencerna semua makanan yang telah kamu konsumsi. Langsung tidur bisa berakibat pada kenaikan berat badan hingga kualitas tidur yang tidak nyenyak. Langsung tidur setelah sahur juga meningkatkan resiko terkena beberapa gangguan kesehatan lho, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wayang Kulit yang Magis Sukses Hipnotis Masyarakat Belanda

Simak! Ternyata Ini Alasan Minum Teh Saat Sahur Tak Dianjurkan