in

Ini yang Kamu Butuhkan untuk Menang Kompetisi Zaman Now

Dinamika sejarah manusia diwarnai oleh para pemenang yang datang silih berganti. Masing-masing tampil sebagai yang terbaik dan terkuat di bidangnya pada jamannya sendiri. Kamu tidak bisa memungkiri kenyataan sejarah bahwa tidak ada satupun yang bisa menjadi pemenang untuk selamanya. Hal ini berlaku di semua bidang, tidak hanya yang ada kaitannya dengan teknologi saja. Bidang politik, sosial, ekonomi dan teknologi, semua diwarnai oleh sosok dan kelompok yang berhasil mendominasi hanya untuk digantikan oleh sosok atau kelompok lain.

Contoh paling klasik adalah dominasi IBM yang mulai merajai industri teknologi informasi semenjak tahun 50-an. Hanya kurang dari 4 dekade, keberadaan IBM langsung digantikan oleh Microsoft yang eksis hingga detik ini. Perusahaan yang dibesarkan oleh Thomas Watson itu pun harus rela posisinya bergeser dan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan industri teknologi informasi ke tangan Bill Gates.

Buat kamu yang ingin banget tampil sebagai pemenang dan tercatat dalam lembaran sejarah umat manusia, ini hal yang perlu kamu perhatikan untuk kemudian diterapkan. Niscaya kamu akan tampil sebagai pemenang.

Fokus pada jaringan, bukan simpul

Satu hal yang perlu kamu pahami soal teknologi, inovasi dan penemuan adalah kesemuanya merupakan buah dari kombinasi. Tidak ada satupun yang bisa eksis dengan sendirinya sehingga merasa bisa eksis dengan cara memonopoli sistem maupun kesuksesan. Berhubung jaman sekarang segalanya terkoneksi dengan mudah, maka kamu harus merelakan segelintir bagian dari perusahaanmu demi mendapatkan akses ke sumber daya yang lebih luas.

Pola pikir semacam inilah yang membuat Microsoft saat ini mulai mengadopsi pendekatan open source yang digadang oleh Linux di tahun 1991. Dengan demikian, penting sekali bagi kamu untuk fokus pada jaringan ketimbang mengurusi simpul. Akses yang lebih banyak dan cakupan yang lebih luas tentunya lebih menarik ketimbang akses sedikit dan cakupan minim.

Satu hal yang perlu kamu pahami soal teknologi, inovasi dan penemuan adalah kesemuanya merupakan buah dari kombinasi via http://www.libertylawsite.org/wp-content/uploads/2018/01/shutterstock_56110372-competition-1024×683.jpg

Koneksi yang luas dan hubungan yang lebih intim

Kalau kamu sebagai konsumen, mana yang lebih kamu pilih antara kontinuitas ketimbang fleksibilitas? Tentu saja, yang bakalan kamu pilih adalah fleksibilitas. Dan, inilah yang menjadi kunci kemenangan Microsoft atas dominasi IBM yang berjalan lebih dari 4 dekade. Satu hal yang pasti tentang dunia jaman sekarang adalah keterhubungan yang begitu intens dan meluas. Dan, salah satu cara untuk tampil sebagai pemenang adalah dengan menciptakan lebih banyak ikatan atau hubungan dengan eksosistem yang lebih luas.

Kaji ulang metode ilmiah

Semenjak jaman Renaisssans, metode ilmiah bak menjadi standar segala penuntasan masalah. Begitu berhadapan dengan satu problem, apa yang perlu kamu lakukan adalah menggali latar belakang dan informasi seputar masalah yang kamu hadapi, menyusun hipotesis, menyusun sebuah alat untuk bereksperimen atau melakukan pemodelan untuk kemudian menganalisis hasilnya serta menarik kesimpulan dari hasil percobaan tersebut. Cukup lambat, memang. Tapi, metode ini berhasil membawa kita hingga kemajuan detik ini. Hanya saja, jaman sekarang ada alternatif dari metode ilmiah.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Yuk, Liburan Akhir Pekan di Lembah Hijau Rumbia Makassar!

Kelihatannya Seperti Jam Tangan Biasa, Padahal Smartwatch Keren