in ,

Hati-Hati! Ini Kanker yang Paling Mematikan di Indonesia

Ada kanker paru, kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, kanker serviks dan kanker prostat

CakapCakap – Penyakit tidak menular (PTM) di era modern ini sudah semakin berbahaya, seiring dengan data statistik yang menunjukkan ada beberapa jenis penyakit yang menyebabkan banyak kematin, termasuk di Indonesia. Kanker adalah salah satunya, seperti Cakap People ketahui juga. Data International Agency for Research on Cancer dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menganalisis data dari 185 negara di dunia menyebutkan terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian yang terjadi akibat kanker pada tahun 2018, seperti dilansir oleh Beritagar.id.

Kanker paru menjadi jenis kanker paling mematikan di Indonesia dengan total 30.866 kematian pada 2014. Via merdeka.com

Nah, di Indonesia sendiri kanker paru-paru ternyata menjadi jenis kanker yang paling mematikan. Berdasarkan data Indonesian Cancer Information & Support Center (CISC), ada total 14 persen dari kematian karena kanker, di mana angka kematian kanker paru di Indonesia mencapai 88 persen. Untuk kelompok pria, kanker ini juga berada di peringkat pertama dengan total kematian sejumlah 22.476 orang. Sedang tahun 2014, ada kematian 30.866 orang di Indonesia akibat kanker paru-paru.

Jenis kanker ini sendiri merupakan kanker yang dimulai di paru-paru dan menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Sayangnya, sebagian besar pasien kanker paru-paru ternyata malah terlambat mengetahui kondisinya, sehingga saat diperiksa kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Jenis kanker paling berbahaya lain di Indonesia adalah kanker payudara, di mana jumlah kematian di Indonesia akibat kanker payudara pada tahun 2014 lalu menurut WHO telah mencapai 19.371 orang.

Kanker payudara dan kanker serviks yang banyak dialami oleh kaum wanita juga menyebabkan banyak kematian di Indonesia. Via kompas.com

Kemudian, ada kanker usur besar (kolorektal) yang telah menyebabkan kematian sebanyak 18.389 orang di Indonesia pada tahun 2014 menurut WHO. Empat faktor utama penyebab kanker kolorektal adalah pola makan, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan sering konsumsi alkohol. Selanjutnya, ada pula kanker hati dengan total 12.681 kemarian di Indonesia pada tahun 2014. Kaum pria diketahui lebih mungkin mengidap kanker hati primer dibandingkan wanita dengan usia rata-rata 67 tahun.

Berikutnya, kanker serviks yang diketahui telah menyebabkan kematian 9.491 orang di Indonesia pada tahun 2014. Jenis kanker ini sendiri paling umum terjadi pada wanita disebabkan oleh virus human papillomavirus. Terakhir, kanker prostat yang patut diwaspadai oleh kaum pria, terutama yang sudah berusia lebih tua dari 65 tahun, di mana sudah membuat 9.174 orang di Indonesia meninggal pada tahun 2014. Nah, hati-hati ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kereta Rute Bekasi-Bandara Soekarno Hatta Dihentikan Operasinya, Inilah Alasannya!

Berikut Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan, Baik untuk Tubuh!