in ,

Glenn Fredly Meninggal, Inilah Perjalanan Karir Gemilangnya di Dunia Musik

Ia mengawali karirnya sebagai penyanyi profesional setelah lulus SMA pada tahun 1995.

CakapCakapCakap People! Salah satu penyanyi pria yang menjadi kebanggaan Indonesia, Glenn Fredly, telah meninggal dunia akibat penyakit meningitis pada Rabu, 8 April 2020 dalam usia 44 tahun.

Memiliki nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, ia lahir pada 30 September 1975. Meski lahir di Jakarta, Glenn adalah seorang putra Maluku. Kedua orang tuanya, Hengki Latuihamallo dan Linda Latuihamallo berasal dari Ambon.

Glenn diketahui sudah menyukai dunia tarik suara sejak kecil. Ia kerap menjuarai berbagai perlombaan, mulai dari lomba menyanyi yang diadakan oleh Yayasan Musik Indonesia pada tahun 1984, Vini Vidi Vici, hingga Cipta Pesona Bintang RCTI tahun 1992. 

Karir Awal Bermusik

Ia mengawali karirnya sebagai penyanyi profesional setelah lulus SMA pada tahun 1995. Saat itu Glenn menjadi vokalis band Funk Section. Setelah tiga tahun, akhirnya ia memutuskan untuk bersolo karier dan meluncurkan album pertamanya yang diberi judul sesuai dengan nama depannya, Glenn. 

Album pertama Glenn tersebut menjadi perkenalan awal dirinya dengan para penikmat musik Tanah Air. Dari delapan lagu yang terdapat dalam album itu, ada tiga lagu yang kerap dibawakannya, yaitu “Kau”, “Cukup Sudah”, dan “Mobil Mama” yang menjadi hits di Malaysia.

Sukses dengan album perdananya, dia meluncurkan album keduanya berjudul Kembali pada tahun 2000. Di album ini, lagu yang membuatnya makin terkenal adalah “Kasih Putih”.

Lagu “Kasih Putih” itu membuat Glenn meraih penghargaan dalam kategori lagu terbaik dan penyanyi pria terbaik kategori musik R&B di Anugerah Musik Indonesia 2001. Meski, penjualan albumnya saat itu belum memuaskan pihak label. 

Kemudian berlanjut pada tahun 2003, Glenn merilis album ketiga yang sekaligus menjadi pembuktiannya di kancah musik Tanah Air, dengan tajuk Selamat Pagi, Dunia. Dalam album tersebut, lagu berjudul “Januari” menjadi sangat populer bahkan hingga saat ini. Lagu patah hati ini tercipta setelah kisah cintanya dengan Nola B3 kandas. 

Glenn memang dikenal dengan lagu-lagu dengan lirik romantis seperti “Terserah”, dan “Akhir Cerita Cinta”. Meski dia juga kerap membuat berbagai lagu bertempo cepat, namun kebanyakan masih bertema cinta seperti “Hikayat Cinta”, dan “You Are My Everything”.

Bagaimanapun, ia juga pernah merilis sebuah album rohani berjudul Terang dengan sepuluh lagu di dalamnya. 

Puas bersolo karier, Glenn dan dua sahabatnya Sandy Sondhoro dan Tompi membentuk Trio Lestari pada 2011 lalu. Ia pernah bekerja sama dengan Erwin Gutawa, Tohpati dan Ras Muhamad. 

Selain menyanyi dan menciptakan lagu, Glenn juga menjadi produser untuk album Pasto (2005), Yura Yunita (2014), dan Hidayah (2016).

Memasuki 2019, Glenn berkolaborasi dengan penyanyi andal Indonesia lainnya yaitu, Yovie Widianto dan Tulus. Mereka bertiga mengeluarkan sebuah karya lagu berjudul “Adu Rayu” yang sangat sukses. Selain liriknya yang manis, visual yang diberikan lewat video klipnya sungguh menggugah hati. Lagu tersebut rilis 22 Februari 2019, merayakan 50 tahun Yovie Widianto berkarir musik. Yovie menggandeng Tulus dan Glenn Fredly dalam proyek ini.

Album Terakhir

Setelah 9 tahun, akhirnya tepatnya pada 14 November 2019, pria yang sering tampil bertopi ini akhirnya juga merilis album terbaru bertajuk Romansa ke Masa Depan, yang berisikan 13 lagu. Lagu “Selesai” dari album tersebut menjadi single dan album terakhir sebelum ia meninggal dunia.

Glenn juga adalah Ketua Komite Kami Musik Indonesia (KAMI) yang memperjuangkan kesejahteraan mereka yang terlibat dalam industri musik.

Film

Selain di dunia musik, Glenn juga pernah terlibat dalam dunia film. Ia pernah menjadi produser untuk film Cahaya dari Timur: Beta Maluku dan Surat dari Praha.

Kisah Cinta Glenn Fredly

View this post on Instagram

🌹❤️… Happy Monday

A post shared by Glenn Fredly (@glennfredly309) on

Kariernya yang gemilang di dunia hiburan nyatanya tak semulus kisah cintanya. Selain dengan Nola B3, Glenn pernah gagal menjalin hubungan dengan Aura Kasih. Ia juga pernah bercerai dengan Dewi Sandra. 

Pada Agustus 2019 lalu, Glenn akhirnya menikah dengan penyanyi Mutia Ayu. Anak pertama mereka, Gewa Atlanta Syamayim Latuihamallo, lahir pada 28 Februari 2020. 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Punya Tubuh yang Langsing dan Sehat? Coba Deretan Olahraga Kardio Berikut Ini yuk!

Mengenal Pohon Menari di Sumba Timur yang Jadi Sampul Album Terakhir Glenn Fredly