in

Galau Ngadepin Teman yang Hobi Ngutang? Ini Caramu untuk Menghalaunya

Memiliki banyak teman tentu menjadi hal yang mneyenangkan karena seain bisa beryukar wawasan, kita juga bisa saling menolong ketika membutuhkan bantuan. Namun, apa jadinya bila kamu yang selalu jadi seseorang yang dimanfaatkan? Misalnya saja, ketika temanmu membutuhkan pinjaman uang. Ya, kasus semacam ini seringkali terjadi bila sudah lama berkawan dan terjalin rasa percaya yang tinggi. Akan tetapi, tidak selalu pertemanan yang semacam ini harus kamu ladeni ya!

Kamu juga wajib mencegah beberapa hal ketika temanmu mulai sering meminjam uang darimu. Bukan niat tidak membantu, tapi ada baiknya kita tidak terlalu sering meminjamkan uang mengingat kebutuhan kita sendiri juga harus diutamakan. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan ini? Berikut ulasan singkatnya!

1. Rasa Khawatirmu Itu Wajar

Muncul khawatir saat teman pinjam uang via moola.id

Ketika menolak permintaan teman yang berhutang kepadamu mungkin kamu akan merasa cemas dan khawatir terhadap kelanjutan hubungan kalian. Namun, yakinlah bahwa itu adalah cara yang terbaik untuk menghindarkan temanmu dari jeratan utang yang lebih banyak. Jangan terlalu khawatir berlebihan sebab ini juga termasuk tindakan membantunya.

2. Bawa Uang Sedikit

Membawa sedikit uang via podrobnosti.ua

Usahakan ketika kamu hangout dengan teman atau mereka yang doyan berhutang, kamu hanya membawa sedikit saja uang. Setidaknya, kamu hanya membawa sejumlah uang yang hanya cukup untuk membayar pesananmu saja. Alasan ini bisa untuk menolak mereka berhutang secara halus lho!

3. Buat Catatan

Membuat catatan keuangan via pinterest.com

Tidak ada salahnya membuat catatan hutang teman kamu. Jadi, ketika mereka kembali tampil untuk meminta bantuan utang, kamu tinggal menunjukkan saja catatan tersebut. tidak perlu sungkan, dan bilang saja catatan itu memang sengaja kamu buat untuk mencatat semua pengeluaran kamu.

4. Kurangi Obrolan Gaji

Meminjam uang pada teman via cleo.co.id

Penghasilan kamu sebaiknya tidak kamu pamerkan pada teman-teman kamu ya! Pasalnya, obrolan ini yang bisa memicu mereka menganggap kamu sedang berlebihan uang dan menjadi sarana tepat untuk mereka berhutang.

5. Klasifikasikan Teman

Mengklasifikasikan teman via liputan6.com

Perlu kiranya kamu mengkategorikan bentuk pertemanan yang tulus dan sejati dengan mereka yang hanya memanfaatkan kamu untuk ladang hutang saja. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman membelanjakan uang bersama mereka.

6. Balas Dendam

Meminta traktir via info-bogor.com

Meminta ditraktir? Kenapa tidak! Cobalah untuk minta ditraktir sesekali oleh teman yang biasanya juga minta kamu bayarin. Nah, ini supaya ada kesadaran dari mereka bahwa selalu dimanfaatkan itu nggak enak.

7. Tolak Saja

Menolak dengan cara yang baik via kreditgogo.com

Kamu harus berani bilang tidak ketika temanmu meminjam uang. Tolaklah mereka dengan cara yang halus, mulai dari banyaknya kebutuhan tidak terduga serta kondisi keuanganmu yang sedang krisis. Alasan dan bohong sedikit boleh juga nih!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

5 Kebiasaan Sepele Ini Justru Bikin Baterai Smartphone Kamu Cepat Rusak

Narkoba Hanya Bikin Sengsara, Segera Jauhi Guys Jika Tak Mau Alami Hal Ini!