in

Edukatif! 3 Channel Youtube Ini Patut Kamu Subscribe

CakapCakap – Semakin berkembangnya teknologi, semakin terpenuhi juga kebutuhan manusia terhadap sesuatu. Ya kan, Cakap People? Termasuk kebutuhan manusia akan suatu media yang dapat dinikmati sebagai hiburan. Contohnya adalah televisi.

Namun, seiring perjalanan waktu, televisi mulai kehilangan sebagian peminatnya. Banyak faktor yang menjadi penyebab, mulai dari masalah internal yakni konten-konten di dalam televisi tersebut atau munculnya banyak media baru yang menawarkan fasilitas yang sama dengan televisi, yakni tayangan yang memiliki banyak fungsi. Salah satu platform yang menawarkan hal tersebut adalah Youtube.

Youtube disebut-sebut memiliki banyak kelebihan dibandingkan televisi. Selain itu, melalui Youtube, penonton dapat memilih sendiri jenis konten yang ingin ditonton, mulai dari konten yang berjenis film segala genre, konten-konten edukatif hingga konten-konten yang hanya bersifat menghibur. Tidak jarang juga terdapat konten-konten yang memadukan dua fungsi. Di bawah ini adalah channel-channel Youtube yang bermuatan konten edukatif sekaligus menghibur sebagai rekomendasi untuk kamu:

  • Special Books By Special Kids (SBSK)

Channel ini dibuat oleh Chris, seorang mantan guru pendidikan spesial untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Awal mulanya, Chris ingin membuat sebuah buku yang berisi pandangan mengenai hidup dari anak-anak muridnya. Chris bermaksud ingin menceritakan kepada semua orang mengenai hidup yang dijalani oleh seseorang dengan disabilitas. Namun, sayangnya belum ada percetakan yang tertarik hingga akhirnya Chris memutuskan untuk membuatnya menjadi sebuah video.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai menyukai video yang Chris buat. Sampai kini, Chris masih rajin membuat video berisi wawancara dengan penyandang disabilitas ataupun orang-orang yang didiagnosis dengan penyakit langka atau berat. Meskipun memiliki jumlah subscriber yang banyak, Chris tidak mengambil keuntungan sepeser pun. Ia hanya ingin channel tersebut dapat terus dinikmati.

Melalui video-video SBSK, kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai berbagai sindrom dan diagnosis penyakit. Seain itu, kamu juga akan lebih berempati dengan para penyandang disabilitas dan bersyukur dengan keadaanmu saat ini. Semangat para penyandang disabilitas akan memberi kamu motivasi untuk lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

  • Hiho Kids

Channel youtube ini berisi video-video yang menampilkan beberapa anak yang secara bergantian pada setiap tayangannya melakukan hal-hal menyenangkan. Mulai dari mencoba berbagai makanan, mencoba suatu permainan, atau bertemu dengan seseorang yang memiliki profesi atau keunikan tertentu.

Ada juga episode-episode ketika anak-anak tersebut bercerita tentang sesuatu dan divisualisasikan oleh seorang ilustrator, berinteraksi dengan orangtua mereka atau ketika anak-anak itu menjawab beberapa pertanyaan sekaligus membuka haidah dari para penggemarnya di Youtube.

Keingintahuan dan hal-hal baru sekaligus reaksi mengejutkan dari anak-anak tersebut menjadi sebuah hiburan tersendiri dari channel ini. Selain itu, dari channel ini pula kamu dapat melihat kepolosan hati anak-anak yang seringkali muncul secara spontan dari kata-kata ataupun tindakan mereka yang  menyentuh dan tingkah laku mereka yang mungkin membuatmu gemas.

  • Remotivi

Logo remotivi via intothelight.com

Mulai tidak nyaman dengan konten-konten televisi yang membuatmu berpikir “kok seperti ini?” Mungkin video-video di channel Youtube ini dapat menjawab semua keresahan kamu. Tentang apa dan bagaimana televisi dapat menayangkan sesuatu, baik itu pantas dan sesuai hukum yang berlaku atau tidak, fenomena-fenomena sedikit meresahkan yang berkaitan dengan televisi, dan masih banyak lagi.

Narasinya yang jelas,  terkonsep dan sesekali ditambhakn ilustrasi-ilustrasi menarik akan membuatmu mendapatkan pengetahuan baru sekaligus memahami sebuiah peristiwa yang tidak disadari oleh semua orang mengenai televisi. Melalui Remotivi, kamu dapat lebih bijak menyikapi berbagai tayangan yang disuguhkan oleh televisi. Bukan hanya menikmatinya dan  menelannya mentah-mentah, apapun itu.

Memilih tontonan yang baik memang sebuah keharusan, Cakap People. Sebab sesuatu yang kamu lihat atau amati secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola pikir dan bahkan kondisi psikologismu.  Kalau kamu mulai merasa televisi lebih banyak menyuguhkan hal-hal yang kurang baik, kamu bisa mulai membuka Youtube dan memilih apa yang menghibur sekaligus bermanfaat untuk kamu tonton seperti channel-channel di atas.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Ayo, Mulai Lakukan Ini Supaya Skripsimu Lancar!

Berawal dari Penanak Nasi, Begini Kisah Perjalanan Merek Sony