in

Dukung Gerakan di Rumah Aja, Begini Tips belanja Aman Secara Online

Belanja online juga tidak bisa dilakukan sembarangan, harus jeli dan teliti

CakapCakap – Adanya imbauan untuk di rumah saja selama ada pandemic virus Corona ini, semua memang diharuskan melakukan social distancing. Tentu hal ini akan membuat proses belanja secara online makin marak. Namun bagaimanakah cara agar Cakap People aman berbelanja secara online?

Pasalnya saat ini begitu banyak sekali toko online yang dibuka oleh siapa saja. Bahkan mereka yang berniat untuk menipu juga dapat melakukan hal yang merugikan bagi orang lain. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Memilih penjual dengan reputasi bagus

Cek resi via resinesia

Pastikan toko online tempatmu berbelanja aman dengan reputasi yang dimiliki bagus. Pastikan ulasan tentang mereka lebih banyak yang bagus dan mendapat banyak bintang lima. Hal ini menunjukkan toko online memang memiliki pelayanan bagus dan terpercaya.

Pastikan juga menggunakan jasa pengiriman terpercaya yang jelas ada di kota tempat tinggalmu, ya. Jangan tergiur menggunakan jasa ekspedisi murah, tapi berisiko tinggi.

2. Menggunakan situs belanja online terpercaya

Ilustrasi belanja online (Gambar oleh justynafaliszek dari Pixabay)

Pastikan berbelanja pada situs besar dan terpercaya. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan dan keamananmu saat berbelanja secara online. Hindari berbelanja pada web yang tidak jelas dan tidak terjamin keamanannya.

Situs belanja online terpercaya biasanya sudah memiliki sistem security yang bagus. Sehingga menjamin konsumen yang lakukan transaksi.

3. Menggunakan rekening bersama

Ilustrasi pembayaran kartu kredit untuk belanja online (Gambar oleh Ahmad Ardity dari Pixabay)

Penggunaan rekening bersama ini biasanya sudah diterapkan dalam situs belanja online atau marketplace. Dengan begitu, saat pesanan tidak sesuai atau justru tidak sampai maka uang yang telah ditransfer dapat kembali ke rekeningmu.

Selain itu, banyak pelanggan yang memilih penggunaan sistem pembayaran dengan kartu kredit. Hal ini dinilai aman untuk sistem pembayaran belanja online lantaran transaksi dapat dibatalkan saat barang pesanan tidak sampai.

4. Jangan gunakan wifi publik

Belanja online (Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay)

Hal yang seringkali luput perhatian adalah penggunaan jaringan internet. Penggunaan wifi publik yang gratis sering dianggap hal menguntungkan untuk melakukan kegiatan daring termasuk belanja online.

Padahal hal itu bisa membahayakan lantaran data diri atau identitasmu bisa saja akan dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab. Sebaiknya gunakan jaringan internet pribadi untuk transaksi online.

5. Teliti dan cermat terhadap deskripsi produk

Belanja online (Gambar oleh Hannes Edinger dari Pixabay)

Membeli secara online berbeda dengan konvensional. Kamu tidak dapat melihat barang secara langsung, sehingga perlu memperhatikan detail keterangan produk. Bukan hanya sekadar melihat gambar produk yang dipajang. Ini untuk menghindari kekecewaan saat produk datang tidak sesuai ekspektasi lantaran kamu tidak baca detail deskripsi barang.

Hal yang harus kamu pertimbangkan di atas penting dilakukan saat belanja online. Jangan sampai hanya melihat sesuatu yang kamu inginkan hingga lupa untuk memperhatikan kelima poin penting di atas ya, Cakap People. Selalu berhati-hati dalam berbelanja online.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Coba Kopi Viral dari Korea Selatan? Namanya Dalgona Coffee, Ini Resepnya!

Rilis Film Wonder Woman 1984 Ditunda Akibat COVID-19, Ini Jadwalnya!