in ,

Duh! Hoax di Indonesia Terus Meningkat Drastis Jelang Pemilu 2019

CakapCakap – Kabar palsu atau biasa disebut hoax sepertinya sudah menjadi virus baru dalam dunia berinternet zaman sekarang. Cakap People pun pasti sering menemukan adanya hoax yang tersebar, baik melalui media sosial ataupun lewat percakapan pada aplikasi pesan instan. Kehadiran beragam media sosial tersebut secara tak langsung memang ikut memberi kontribusi besar dalam penyebaran hoax dewasa ini. Apalagi, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini hoax pun makin meningkat.

Kominfo mencatat penyebaran hoax semakin meningkat drastis, mencapai 175 konten hoax selama Januari 2019. Via antarafoto.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri mendeteksi ada hoax yang menyebar di internet mencapai 175 konten selama bulan Januari 2019 lalu, seperti dilansir oleh laman Detik.com. Jumlah tersebut ternyata tidak main-main, karena mengalami peningkatan sekitar 14 kali dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sebelumnya, selama lima bulan dalam periode bulan Agustus-Desember 2018, Kominfo mendeteksi hanya ada 62 hoax, yang jika dirata-rata dalam sebulan ada 12,4 hoax.

Hoax yang tersebar selama bulan Januari 2019 itu sendiri berisi berbagai macam isu, seperti bencana alam, kriminalitas, kecelakaan, SARA, dan tentu terutama terkait politik. Menurut rincian Kominfo, bahkan hampir setiap hari selalu ada berita hoax yang muncul. Salah satu yang sempat heboh adalah hoax tentang tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos berada di Pelabuhan Tanjung Priok. Konten hoax tersebut ramai tersebar pada tanggal 2 Jnauari 2019. Ketika itu, KPU bersama Bawaslu dan pihak terkait lain langsung melakukan pengecekan di lapangan, dan tak ditemukan sama sekali.

Kominfo mengajak seluruh masyarakat mengecek dan menyaring dulu setiap berita, sebelum menyebarkannya. Via indonesiaexpat.biz

Kominfo sendiri sejauh ini terus melakukan penelusuran dan mendeteksi konten-konten yang terkait hoax menggunakan mesin AIS oleh Sub Direktorat Pengendalian Konten Internet pada Direktorat Pengendalian, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, seperti yang dikutip dari laman WartaEkonomi.co.id. Selain itu, Kominfo secara rutin juga merilis informasi mengenai klarifikasi dan konten yang terindikasi hoax melalui portal kominfo.go.id dan stophoax.id, yang bisa diakses warga.

Untuk menekan penyebaran konten hoax di Indonesia, Kominfo pun mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pengecekan dan penyaringan setiap berita terlebih dahulu, sebelum menyebarkan informasi yang belum dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya kepada orang lain. Untuk itu, mulai dari sekarang Cakap People juga harus mulai lebih teliti dan peduli terhadap konten hoax ya!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Lawan Arah di Jalan Raya Ternyata Bisa Dipenjara 6 Bulan

Peraturan Baru Ojek Online Segera Terbit, Ini loh Besaran Tarifnya!