in

Cara Atasi Jerawat ‘Bandel’ yang Muncul di Punggung

Jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah.

CakapCakapCakap People! Jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah. Jerawat bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun yang memiliki kelenjar penghasil minyak atau folikel rambut seperti di punggung, dada, dan bahu. Bagaimana cara atasi jerawat punggung ini?

Jerawat punggung juga dikenal sebagai bacne bisa sangat mengganggu. Meskipun kamu tidak selalu dapat mengontrol apakah jerawat kembali, tetapi faktor-faktor yang memengaruhi seseorang untuk jerawat terutama meliputi fluktuasi hormonal dan genetika.

Cara Atasi Jerawat 'Bandel' yang Muncul di Punggung
Ilustrasi jerawat punggung [Foto: klikdokter]
Dermatologis Kiran Sethi menyarankan beberapa cara atasi jerawat punggung:

1. Jangan memencet atau memecah jerawat

Jika kamu memencet atau memecah jerawat, hal itu bisa merusak kulit, bahkan menyebabkan bekas jerawat yang parah. Memencet jerawat juga bisa menyebabkan jerawat terinfeksi.

2. Jaga kebersihan kulit

Dr Kiran menyarankan untuk menggunakan pembersih tubuh bebas minyak yang noncomedogenic, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori. Pastikan untuk mandi dan berganti pakaian bersih setelah olahraga. Hindari menggunakan scrub pada kulit dengan pembersih yang keras, karena bisa memperburuk jerawat.

3. Gunakan krim tropis, gel, dan pembersih

“Produk benzoil peroksida dapat membersihkan jerawat punggung,” kata Sethi dilansir NDTV, Kamis, 22 September 2022.

Saat menggunakan pembersih benzoil peroksida, dia menyarankan untuk membiarkan obat tetap berada di jerawat hingga lima menit sebelum membilasnya.

“Anda juga dapat mencoba gel retinoid atau stiker jerawat yang melepaskan obat asam salisilat ke dalam jerawat selama beberapa jam,” ujarnya.

Menurut Sethi, kamu bisa membersihkan tubuh menggunakan benzoil peroksida, krim tubuh atau gel dengan adapaline atau benzoil peroksida, dan lotion antibiotik seperti klindamisin atau nodoxin.

4. Jaga kebersihan

Sangat penting untuk menggunakan handuk, seprai, dan sarung bantal yang bersih agar bakteri tidak menumpuk. Dr Sethi mengimbau, untuk mencuci seprai dan handuk setidaknya sekali sepekan.

Terlepas dari tips ini, jika jerawat punggung tetap ada atau terus muncul kembali, kamu harus mengunjungi dokter kulit. Karena mereka mungkin merekomendasikan resep lain atau produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat parah. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin juga memerlukan antibiotik atau obat oral lainnya.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Benarkah Protein Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Benarkah Protein Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Pekerja IT, Media dan Finansial Rusia tidak Wajib Militer

Pekerja IT, Media dan Finansial Rusia tidak Wajib Militer