in

Buntu Ide, Penulis Bisa Lakukan 5 Hal Ini

Penulis harus selalu punya ide segar untuk membuat tulisan yang baik dan berkualitas. Tapi ada saatnya seorang penulis mengalami kebuntuan dan bingung harus menulis apa. Nggak ada bahan, ide, ataupun semangat untuk produktif menghasilkan sebuah tulisan. Alhasil waktu terbuang tanpa ada hasil apapun. Jadi gimana caranya biar ide bisa muncul lagi dan semangat untuk menulis bisa bergairah kembali? Coba lakukan 5 hal ini yang mungkin bisa membantu kamu buat bisa semangat nulis lagi dan nemu ide-ide baru.

1. Ganti suasana

Ganti suasana kerja via hermansyahkahir.wordpress.com

Kalo selama ini kamu selalu menulis di rumah atau ruang kerja yang sama setiap hari, ada baiknya kamu ganti suasana menulis di tempat lain. Bisa tetap di dalam rumah tapi ruangan yang berbeda kayak dapur, teras, atau bahkan halaman belakang. Suasana yang berbeda bikin otak jadi lebih segar dan bisa dapet inspirasi dari hal-hal yang kamu temukan di tempat tersebut. Kalo mau yang lebih liar lagi, kamu bisa nongkrong di kafe atau bahkan nginep di hotel semalaman untuk membuat suasana jadi lebih segar. Otak kamu akan merangsang sesuatu yang baru dengan pemikiran-pemikiran baru juga.

2. Referensi tulisan lain

Banyak mencari referensi tulisan lain untuk memunculkan ide baru via hai.grid.id

Seorang penulis harus sering-sering membaca tulisan orang lain, bisa dari blog atau buku-buku yang bagus. Kamu bakal punya referensi kalimat-kalimat baru dan cara pandang yang benar-benar berbeda dari apa yang kamu pikirkan selama ini tentang sebuah tema atau isu. Dengan membaca tulisan orang lain, kamu punya wawasan yang lebih luas bagaimana merangkai paragraf demi paragraf jadi lebih unik meski tema yang diangkat nggak benar-benar baru. Bisa jadi kamu juga bakal nemuin istilah baru yang jadi bahan tulisanmu selanjutnya.

3. Cari teman ngobrol

Carilah teman ngobrol untuk hilangkan kejenuhan via google.co.id

Kalo membaca tulisan orang lain lebih bersifat satu arah, kamu bisa coba untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu. Ajak teman atau sahabatmu nongkrong dan bicarakan tentang apa saja yang ada di pikiran mereka. Jangan tanyakan sesuatu yang berkaitan dengan tema tulisanmu karena sama saja kamu membatasi obrolan sesuai dengan apa yang kamu mau. Setelah bebas membicarakan apapun dan komunikasi dua arah yang positif, otak akan terus terangsang untuk memikirkan alur berbeda dari cara pikir yang selama ini kamu lakukan. Bukan nggak mungkin ide-ide segar akan membanjiri pikiranmu setelah pulang dari nongkrong bareng temen-temenmu.

4. Istirahat

Istirahat dahulu via google.co.id

Nggak perlu memaksakan diri untuk tetap produktif. Memang ada waktunya rasa jenuh itu datang dan ini adalah hal yang normal untuk orang-orang yang bergelut di bidang kreatif. Istirahatkan dulu pikiranmu dari tema-tema tulisan yang menghantui dan nggak kunjung datang. Cobalah melakukan hal lain seperti memasak, merawat hewan peliharaan, atau sekedar olah raga kecil di depan rumah. Istirahatkan otak dan anggap ini adalah waktu untuk mengerjakan yang lain karena kamu udah berada dalam posisi titik jenuh.

5. Baca tulisan lama

Baca tulisan lebih lama dan berulang via google.co.id

Coba baca-baca kembali tulisan-tulisan lama yang kamu anggap paling berkualitas. Ingat bagaimana dulu kamu bisa terinspirasi untuk menulisnya. Lalu cari lagi tulisan-tulisan yang kamu anggap jelek dan ingat kembali bagaimana tulisan jelek itu bisa tercipta dan selesai seperti sekarang ini. Kamu bisa jadi reviewer untuk tulisanmu lagi dan mengingat bagaimana tulisan itu bisa tercipta. Bisa jadi ada cara-cara lama yang bisa kamu terapkan sekarang untuk bisa menulis sehebat dulu dan tetap produktif meski hasilnya terlihat kurang memuaskan.

Kehilangan semangat memang menyebalkan untuk orang-orang kreatif. Tapi itu adalah pertanda bagus bahwa selama ini kamu udah bekerja dengan baik dan telah mencapai titik maksimalmu. Kamu tinggal menetralkannya lagi kembali ke nol untuk bisa melaju lagi mencapai titik tertinggi kreatifitasmu di hari-hari berikutnya. Dan nggak menutup kemungkinan siklus ini akan terjadi lagi sehingga kamu tahu apa yang mesti dilakukan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Berselancar Menyehatkan? Baca Dulu Tulisan Ini

Introvert Harus Bangga Dengan 6 Hal Ini