in

Bijak Menggunakan Kartu Kredit, 4 Gejala Ini Perlu Diwaspadai

Kemudahan dalam bertransaksi dengan kartu kredit adalah salah satu alasan menggiurkan kenapa orang-orang mengandalkannya untuk menopang kebutuhan finansial. Tapi tentu ada resiko yang harus diperhatikan ketika kamu menjadi pengguna kartu kredit aktif. Perhatikan penggunaanya dan kontrol jangan sampe kebobolan. Untuk antisipasi, 4 gejala ini perlu diwaspadai untuk memberi sinyal bahwa ada masalah dengan kartu kredit dan cara penggunaanmu.

1. Sering tarik tunai

sepulsa.com

Kalo kamu udah kebiasaan untuk tarik tunai menggunakan kartu kredit, maka sebenarnya kamu sedang menyusun masalahmu sendiri di kemudian hari. Beberapa kartu kredit memang bisa digunakan untuk tarik tunai seperti halnya kartu debit. Tapi perbedaannya kartu debit mengeluarkan uang dari tabunganmu sendiri, berbeda dengan kartu kredit yang memberikan pinjaman untuk digunakan dan dilunasi di kemudian hari. Ini bisa jadi kebiasaan yang akan membunuhmu dan keuanganmu beberapa bulan ke depan.

2. Pemakaian menggila

uangteman.com

Awalnya kamu menggunakan kartu kredit untuk pembayaran tagihan yang ringan dan lebih mudah menggunakan kartu kredit karena bunga kecil atau bahkan ada potongan. Tapi kalo kamu udah menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan konsumtif yang nggak beralasan, maka kamu perlu mengkaji ulang tujuanmu menggunakan kartu kredit ini. Kamu jadi kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang di e-commerce tanpa memperhatikan perencanaan yang lebih matang.

3. Tagihan lebih besar dari tabungan

metrotvnews.com

Menurut prinsip personal finance yang sehat, seseorang boleh memiliki utang sebesar 30-35 persen dari total pendapatannya. Misalkan kamu punya penghasilan Rp 10 juta perbulan, berarti kamu cuma boleh punya hutan sebesar Rp 3 juta saja. Ini udah termasuk cicilan rumah dan cicilan lainnya. Kemudian tabungan yang harus kamu siapkan setiap bulan adalah 10-20 persen dari penghasilan perbulan. Sekarang bandingkan antara utang dan tabunganmu. Kalo ternyata hutangmu lebih besar daripada tabungan, ada baiknya kamu menghentikan pemakaian kartu kredit.

4. Membayar minimum payment

detik.com

Setiap kartu kredit punya kebijakan para penggunanya untuk membayar minimum payment perbulan dengan catatan sisa utang akan dibebankan di bulan berikutnya namun dengan tambahan bunga dan biaya lainnya. Memang terkesan memudahkan dan ringan di awal, tapi di belakang kamu akan keteteran karena harus membayar tagihan ditambah bunga dan biaya lain yang sebenarnya kamu tambah-tambahin sendiri.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Terkena Penyakit Mewabah, Puluhan Ribu Sapi Dimusnahkan

5 Hambatan Yang Bikin Kamu Nggak Pernah Sukses