in ,

Apa Itu Area 51? Benarkah Dipakai untuk Uji Teknologi Alien?

Area 51 terletak di dekat permukiman kecil Rachel dan Hiko, yaitu 200 kilometer barat laut Las Vegas. Istilah “Area 51” tampaknya berasal dari sebutan yang dimiliki pangkalan di Komisi Energi Atom.

CakapCakapCakap People! Area 51 adalah pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang terletak di dekat Danau Groom. Lokasi tepatnya ada di tengah-tengah gurun terpencil di selatan Nevada. Tempat ini terkenal karena dikabarkan memiliki hubungan dengan fenomena benda terbang tak dikenal (UFO).

Menurut teori konspirasi, pangkalan tersebut digunakan untuk menguji teknologi alien yang ditemukan dari situs-situs yang diduga jatuh seperti yang terkenal di Roswell, New Mexico. Fakta bahwa pangkalan tersebut telah menjadi rahasia selama bertahun-tahun dan masih tidak dapat diakses oleh masyarakat umum telah memperkuat spekulasi ini.

Apa Itu Area 51? Benarkah Dipakai untuk Uji Teknologi Alien?
Ilustrasi [Foto via Pixabay]

Dimana Lokasi Area 51 dan Berapa Besarnya?

Area 51 terletak di dekat permukiman kecil Rachel dan Hiko, yaitu 200 kilometer barat laut Las Vegas. Istilah “Area 51” tampaknya berasal dari sebutan yang dimiliki pangkalan di Komisi Energi Atom.

Wilayah tersebut diberi julukan “Paradise Ranch” dalam upaya perusahaan kedirgantaraan Lockheed (sekarang Lockheed Martin), untuk menarik karyawan ke lokasi tersebut ketika didirikan pada tahun 1955 sebagai bagian dari kompleks Nevada Test and Training Range.

Situs Keamanan Nasional Nevada (NNSS) sekarang mencakup pangkalan dan kompleks Tes dan Pelatihan Nevada yang lebih besar, yang oleh CIA disebut sebagai Groom Lake dan Homey Airport. Terlepas dari kenyataan bahwa citra satelit dari pangkalan itu dilarang, situs itu telah dapat dilihat di Google Maps sejak 2018.

Benjamin Radford adalah seorang penulis, penyelidik yang banyak menghasilkan sejumlah artikel tentang teori konspirasi Area 51.

Dilansir dari Space.com, 12 April 2022, Radford mengatakan bahwa pangkalan itu cukup kecil, tetapi area terlarang di sekitarnya lebih 36.000 hektar. Sebagian untuk mencegah mata-mata dan sebagian karena mereka perlu menguji pesawat rahasia.

“Kebanyakan teori konspirasi dan media yang menyebutnya Area 51. Bagi pemerintah AS, itu hanyalah Nevada Test and Training Range, bagian dari Pangkalan Angkatan Udara Edwards,” jelasnya.

Apa itu Area 51?

Setelah Arsip Keamanan Nasional di Universitas George Washington menerima dokumen rahasia CIA yang sebelumnya mendokumentasikan sejarah pesawat mata-mata U-2, militer AS secara resmi mengakui keberadaan Area 51 pada 2013.

Namun, pengakuan ini tidak berarti bahwa kunjungan ke pangkalan dianjurkan. Menurut Radford, masih ada alasan pemerintah dan militer yang sah untuk menyembunyikan operasi pangkalan itu.

“Militer mengklasifikasikan Area 51 sebagai ‘Area Operasi Militer.’ Di darat, ada penjaga bersenjata yang berpatroli di sekeliling berpagar yang dijaga oleh sensor gerak, kamera, penjaga, dan sebagainya yang terkubur, ditambah tanda peringatan bahwa kekuatan mematikan diizinkan,” jelas Radford.

Perbatasan Area 51 tidak dipagari tetapi ditandai dengan tiang oranye dan tanda peringatan. Pangkalan ini awalnya dibangun untuk menguji pesawat mata-mata U-2, tetapi juga akan digunakan untuk menguji pesawat terkenal lainnya seperti Archangel-12, SR-71 Blackbird, dan pesawat tempur siluman F-117 Nighthawk.

Apa Itu Area 51? Benarkah Dipakai untuk Uji Teknologi Alien?
Ilustrasi [Foto via Pixabay]

Bagaimana Area 51 Memiliki Hubungan dengan UFO?

Sebagian besar hubungan antara Area 51 dan UFO kemungkinan karena pengujian pesawat militer baru dan rahasia, terutama ketika mempertimbangkan bahwa istilah “UFO” tidak secara langsung berhubungan dengan pesawat ruang angkasa alien.

“Premis cacat di balik mitologi Area 51 dapat diringkas menjadi ini: Pemerintah tidak akan mengungkapkan apa yang terjadi di sana, jadi itu pasti sesuatu yang sangat rahasia,” katanya.

Dia mengatakan bahwa Area 51 hanyalah salah satu dari banyak pos militer, laboratorium nasional, dan pusat penelitian ilmiah pemerintah di seluruh negeri yang menangani materi rahasia, bahkan Top Secret dan memerlukan izin keamanan untuk staf dan pengunjung.

“Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa apapun yang berhubungan dengan UFO sedang terjadi,” kata Radford.

Terlepas dari penampakan objek yang tidak biasa, ada cerita yang beredar pada tahun 1989 ketika seorang pria bernama Robert Lazar mengaku telah bekerja pada teknologi luar angkasa di situs tersebut.

Area 51 digunakan oleh pemerintah AS untuk menganalisis pesawat luar angkasa yang ditemukan, menurut Lazar yang mengatakan kepada reporter televisi Las Vegas George Knapp. Dia menyatakan bahwa telah melihat gambar otopsi alien di dalam fasilitas tersebut.

Tuduhan Lazar ditolak, tetapi mereka melahirkan banyak teori konspirasi pemerintah yang sebagian besar mencakup kehidupan di luar bumi.

“Banyak legenda telah didorong oleh penipu seperti Robert Lazar, yang muncul pada 1980-an menceritakan sebuah cerita ke stasiun TV bahwa dia bekerja di sana dan melihat tubuh alien dan menabrak piring terbang secara langsung,” kata Radford.

“Itu mendapat banyak perhatian, tetapi kemudian terungkap bahwa dia tidak hanya memalsukan pekerjaannya di Nellis (Pangkalan Angkatan Udara di Nevada selatan) tetapi juga seluruh latar belakangnya. Hampir tidak ada yang dia katakan benar,” ujarnya.

LIHAT ARTIKEL ASLI

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pemerintah Terbitkan Keppres Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H; Cek Rincian Biayanya!

Pemerintah Terbitkan Keppres Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H; Cek Rincian Biayanya!

'That That' Kolaborasi PSY dan SUGA BTS Kuasai Chart iTunes di 73 Negara

‘That That’ Kolaborasi PSY dan SUGA BTS Kuasai Chart iTunes di 73 Negara