in ,

5 Fakta menarik Hot Dog, Dibawa ke Luar Angkasa hingga Harga Mencapai Puluhan Juta

Gerobak hot dog kali pertama dibuka di Kota New York

CakapCakapCakap People! Terdapat sejumlah fakta menarik tentang hot dog, apa saja itu? Sebagai makanan cepat saji hot dog menjadi populer saat Negeri Paman Sam, Amerika Serikat memperjualbelikannya. Gerobak hot dog kali pertama dibuka di Kota New York dan mulai tergolong ke dalam hidangan cepat saji favorit banyak orang. Sejak saat itu roti yang dibuat dengan isian sosis, sayur, dan sejumlah saus ini menjadi kuliner representatif Amerika Serikat.

5 Fakta menarik Hot Dog, Dibawa ke Luar Angkasa hingga Harga Mencapai Puluhan Juta
Hot dog [Foto: Serious Eats / Julia Hartbeck]

Hot dog memiliki sejumlah fakta menarik yang tak banyak orang ketahui. Dilansir dari potatorolls.com, inilah lima fakta menarik tentang hot dog:

1. Makanan Cepat Saji yang Bisa Dibawa ke Luar Angkasa

Karena popularitas hot dog, pada tanggal 16 Juli 1969 hot dog berhasil dibawa keluar angkasa kali pertama oleh astronot dalam misi Apollo 7. Sebelumnya NASA telah mengizinkan roti isian sosis tersebut untuk dibawa setelah melewati proses pengamatan yang panjang. Hot dog dinilai mampu bertahan di segala situasi, bahkan meski berada di bulan sekalipun.

2. Memiliki Peringatan Bulan Nasional Setiap Tahunnya

Kerennya lagi, makanan yang disebut autentik asal Jerman ini memiliki bulan spesial untuk merayakannya. Tepatnya pada bulan Juli, didirikan oleh US Chamber of Commerce sekitar 65 tahun lalu. Sebagai bentuk perayaan, biasanya akan ada kreasi makanan hot dog, dan makanan cepat saji menyajikan varian hot dog spesial untuk bulan itu.

3. Terdapat Table Manner Saat Makan Hot Dog

Ternyata makan hot dog langsung dengan cara melahapnya kurang tepat, terdapat aturan tersendiri untuk makan hot dog. Aturan ini sudah ada dalam panduan resmi etika makan hot dog yang dikeluarkan oleh the National Hot Dog and Sausage Council. Cara makan hot dog yang benar serta elegan yaitu pertama pastikan susunan hot dog telah rapi di atas piring, sunduk dengan garpu dan potong ukurannya sesuai standar mulut, tambahkan sedikit saus, dan makanlah dengan elegan. Terakhir gunakan tisu untuk mengelap sisa makanan di bibir.

4. Hot Dog Termahal di Dunia Dijual Seharga USD 2.300

Pada bulan nasional perayaan hot dog sedunia, sebuah restoran bernama 230 FIFTH, New York pernah membuat hot dog dengan isian daging sapi wagyu, jamur black truffle, kaviar, dan asinan kubis. Hot dog tersebut dijual seharga USD 2.300 atau setara 37 juta rupiah. Spesialnya lagi, restoran memberlakukan aturan berupa pemesanan hot dog minimal 2 hari sebelum bertandang ke tempatnya. Ini adalah harga hot dog terfantastis di seluruh dunia.

5. Hot Dog Tidak Menggunakan Daging Misterius

Cakap People! Meskipun isian sosis hot dog banyak diperdebatkan di seluruh dunia, kebanyakan daging sosis hot dog dibuat dari bahan babi, sapi, ayam, hingga kalkun. Departemen Pertanian di Amerika Serikat bahkan membuat aturan kepada produsen makanan cepat saji ini, berupa kewajiban mencantumkan komposisi bahan di setiap label produksi. Ini dibuat untuk tidak lagi menguatkan spekulasi bahwa hot dog berasal dari daging misterius yang tidak jelas.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini Jalur Seleksi yang Bisa Diikuti Setelah Tak Lolos UTBK SNBT 2024

Ini Jalur Seleksi yang Bisa Diikuti Setelah Tidak Lolos UTBK SNBT 2024

Inilah 8 Ciri-Ciri Frozen Food Basi dan Tidak Layak Dimakan

Inilah 8 Ciri-Ciri Frozen Food Basi dan Tidak Layak Dimakan