in

3 Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui Orang!

CakapCakap – Umumnya, kebiasaan tidur siang banyak dikenalkan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Sebab, para orang tua meyakini jika di usia anak-anak memerlukan istirahat yang cukup guna memaksimalkan pertumbuhan mereka. Namun, banyak orang yang tak menyadari bahwa sebenarnya tidur siang tak hanya menyimpan manfaat bagi anak-anak saja. Melainkan, kebiasaan tidur siang juga memiliki dampak baik bagi kesehatan orang dewasa Cakap People.

Ketika kamu terlalu lelah dalam mengerjakan suatu pekerjaan, maka otak memerlukan istirahat. Oleh karena itu, di jam-jam istirahat kantor kamu disarankan untuk sebentar saja tidur siang. Hal tersebut akan membantu menjaga kesehatan otak serta memulihkan kembali kebugaran tubuh. Selain itu, terdapat 3 manfaat lain dari tidur siang yang jarang diketahui orang. Simak yuk daftarnya di bawah ini!

1. Mengurangi hormon stres

Membantu mengendalikan hormon stres via Linisehat.com

Tahukah kamu, jika ternyata tak cukup tidur dapat memicu terjadinya stres. Studi di tahun 2012 pun menyebutkan, apabila tidur siang bisa meminimalisir hormon stres akibat kurang istirahat. Para peneliti kemudian melakukan perbandingan antara hormon stres dengan orang yang tak tidur siang tetapi kurang tidur.

Hasilnya cukup mengejutkan, sebab hormon stres akan meningkat sehari setelah agenda kurang tidur. Namun tak memiliki peningkatan tajam pada orang yang melakukan kebiasaan tidur siang. Berbekal penelitian tersebut maka dapat dirumuskan apabila tidur siang bisa membantu mengontrol hormon stres pada tubuh seseorang tetapi, tak dapat menyembuhkan sensasi stres.

2. Tingkat kewaspadaan melonjak

Meningkatkan konsentrasi via Combiphar.com

Umumnya, rentang waktu terbaik untuk melakukan tidur siang ialah sekitar 20 hingga 30 menit. Pada rentang waktu tersebut dianggap paling baik guna meningkatkan kadar kewaspadaan seseorang. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga durasi tidur siang dengan sangat baik.

3. Meningkatkan kinerja

Berikan durasi 20-30 menit untuk tidur siang via Hellosehat.com

Ternyata, tidur siang diperlukan hanya beberapa waktu saja. Sehingga, kamu tak perlu tidur siang dalam waktu yang panjang sampai beberapa jam lamanya. Bahkan, sebuah studi menemukan jika terdapat hubungan antara tidur siang dalam waktu sebentar dengan kemampuan atletik seseorang. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kamu tidur siang walau sebentar saja.

Siapa yang tak suka melakukan kebiasaan tidur siang Cakap People? Agaknya mulai saat ini kamu perlu membiasakan untuk tidur siang. Sebab, dengan tidur siang maka 3 manfaat di atas bisa kamu petik. Tak perlu durasi lama guna tidur siang, hanya sekitar 20 sampai 30 menit saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaat baiknya.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Fakta Unik Seputar Palung Mariana, Palung Terdalam dengan Aneka Hewan Aneh!

Duh! Orang Indonesia Ternyata Sangat Malas Aktivitas Fisik