in ,

10 Lagu Keren Dekade 70an: Pemantapan Eksplorasi Musik

Dekade eksplorasi sekaligus pemantapan seluruh genre musik

CakapCakap – Memasuki dekade 70an, industri musik mengalami perubahan yang sangat drastis. Walau masih terdapat “sisa-sisa” sound Rock N’ Roll klasik 50 dan 60an nya, namun secara general, perkembangan musik di dekade ini kian sudah variatif.

Kini musik memiliki banyak genre lagi seperti: Heavy Rock, Heavy Metal, Rap, Pop Balada, dan tentunya yang mendominasi dekadenya kala itu, Disko. Dengan kian mantapnya ekspolorasi musik yang ada, tak ayal jika banyak yang mengatakan bahwa 70an, merupakan dekade terbaik di industri musik.

Namun dari sekian banyak rilisan lagu-lagu keren nan variatif yang mewarnai dekadenya, berikut adalah 10 yang benar-benar kami anggap paling keren.

10. Blondie Heart of Glass (1979)

Blondie – Heart of Glass via YouTube / BlondieMusicOfficial

Walau sudah hampir memasuki awal 80an, namun faktanya gaung kepopuleran disko di athun 1979 masih cukup dominan. Alhasil, tak heran jika ketika lagu milik Blondie ini dirilis langsung sukses banget di pasaran.

Namun memang bukan karena faktor situasional tersebut saja, “Heart of Glass” faktanya memiliki komposisi disko dan Rock yang terdengar sangat padu yang alhasil membuat lagunya menjadi enak.

Ditambah lagi vokal si seksi di eranya, Debbie Harry terdengar sangat unik namun tetap terasa sultry di saat yang bersamaan. Lengkap sudah alasannya mengapa lagu ini menjadi pilihan kami di daftar ini.

9. George Throgood – One Bourbon, One Scotch, One Beer (1977)

George Thorogood – One Bourbon, One Scotch, One Beer via YouTube / GeorgeThorogood on MV

Sebenarnya lagu milik Amos Milburn yang dirilis di tahun 1953 ini, memiliki banyak versinya. Namun dari seluruh versi daur ulangnya, tak dipungkiri adalah versi miliki Thorogood inilah yang paling keren yang dirilis di tahun 70an.

Hal ini dikarenakan dalam membawakan ulangnya, Thorogood menampilkannya dengan sangat nge-blues dan lebih bercerita (storytelling) yang alhasil sekali lagi, membuat versinya terdengar sangat keren hingga detik ini.

Bagi Cakap People yang baru ingin menjelajahi atau memang suka banget musik blues, maka lagu ini wajib ada di playlist kalian.

 8. The Pretenders – Brass in Pocket (1979)

The Pretenders – Brass in Pocket via YouTube / Carlos Alberto

Yap benar Cakap People, grup ini adalah yang menyanyikan soundtrack seri TV remaja 90an hit, Dawson’s Creek, I’ll Stand By You (1994). Dan yap, grup ini memang telah berkecimpung di industri musik dari dekade 70an.

Dan dari sekian banyak hit yang dimiliki oleh Chrissie Hynde cs ini, adalah lagu yang diambil dari album perdana, Pretenders (1979) inilah yang bisa dikatakan tidak hanya sama enaknya seperti “I’ll Stand By You”, namun juga sukses menjadi salah satu signature di akhir 70an dan awal 80an.

7. The Boomtown Rats – I Don’t Like Mondays (1979)

The Boomtown Rats – I Don’t Like Mondays via YouTube / The Boomtown Rats

Lagu yang kerap disalahartikan sebagai lagu tidak suka dengan hari Senin ini, tak dipungkiri sangat booming ketika dirilis. Tak heran, pasalnya komposisi lagu Bob Geldof cs ini, memang terdengar sangat fun untuk didengar.

Alhasil dengan sound musiknya yang riang banget, membuat lagu mengenai pembunuhan murid-murid SD oleh si 16 tahun Brenda Ann Spencer ini, tidak terdengar dan terasa seperti lagu yang super horor.

6. Bee Gees – Stayin’ Alive (1977)

Bee Gees – Stayin’ Alive via YouTube / beegees

Well, siapa sih yang tidak kenal dengan lagu ini? Dan faktanya, ramuan musik yang diracik oleh Barry Gibb cs di lagu ini memang sangat lezat.

Yang alhasil, membuat “Stayin Alive” sukses menjadi salah satu lagu yang sukses membuat kita langsung menari gila-gilaan sendiri setiap mendengarkan lagunya dan tentunya, lagu lantai disko terbaik hingga detik ini.

5. The Rolling Stones – It’s Only Rock ‘n Roll (But I Like It) (1974)

The Rolling Stones – It’s Only Rock N’ Roll (But I Like it) via YouTube / The Rolling Stones

Seperti yang dikatakan di daftar lagu terkeren 60an nya, tidak adil banget apabila harus memilih satu atau dua saja lagu yang dimiliki oleh Mick Jagger cs ini.

Terlebih di dekade 70an yang mana memberikan kita lagu-lagu keren seperti: “Angie”, “Wild Horses”, “Brown Sugar”, “Memory Motel”, dll. Ya rasanya tidak adil banget. Namun, kalau memang harus memilih, maka lagu yang diambil dari album It’s Only Rock N’ Roll (1974) inilah yang kami pilih.

Alasannya? Dari awal hingga akhir, lagu ini benar-benar terdengar sangat seru dan intens. Video klip-nya sendiri pun juga seru dan gila banget. Tidak percaya? Langsung saja kamu saksikan video klip yang dimaksud berikut ini.

4. The Sugarhill Gang – Rapper’s Delight (1979)

The Sugarhill Gang – Rapper’s Delight via YouTube / dutchmanmm

Apabila Cakap People ingin menikmati alunan rap / hip-hop yang old-school, maka sangat wajib hukumnya bagi kamu untuk mendengar “Rapper’s Delight”. Pokoknya ketika mendengar lagu ini, kita bagaikan seperti ditraktir makna super enak di lidah.

Plus, apabila kala itu lagu ini tidak sukses, dijamin genre rap dan hip-hop tidak akan menjadi sekeren seperti sekarang. Namun kami ingatkan agar kamu benar-benar menikmatinya.

Karena kalau tidak, kamu bakalan terasa tidak betah dengan durasi lagunya yang hampir mencapai 15 menit.

3. Deep Purple – Child in Time (1970)

Deep Purple – Child in Time via YouTube / shotguy1

Jangan hanya tahu “Smoke on the Water” atau “Highway Star” saja Cakap People. Coba dengarkan juga lagu berdurasi 10 menit dan 18 detik ini. Pasalnya, “Child in Time” merupakan komposisi lagu Purple yang sangat sempurna.

Dikatakan demikian, pasalnya Ritchie Blackmore cs sukses mengemasnya bagaikan sebuah kisah film yang memiliki awal yang tenang, lalu memuncak, lalu menang lagi. Ditambah lagi dengan teriakan Ian Gillan yang super mantap itu. Apabila kamu tidak terpukau dengan kemegahan dan kehebatan lagu ini, entah kami harus berkata apalagi.

2. Black Sabbath – Black Sabbath (1970)

Black Sabbath – Black Sabbath via YouTube / Into The Sabbath

Kami yakin sebagian besar Cakap People hanya mengetahui “Iron Man” dan “War Pigs” saja kalau ditanyakan mengenai lagu milik band Heavy Metal asal Inggris ini.

Padahal, Ozzy Osbourne cs, memiliki segudang lagu lain yang juga tak kalah enaknya. Termasuk, lagu yang judulnya sama seperti nama grup pembawanya ini. Tapi kami mau bertanya nih. Yakin siap dan BERANI mendengar lagunya?

Pasalnya, Black Sabbath memiliki komposisi yang sangat kelam dan menyeramkan layaknya seperti film-film horor klasik super menyeramkan: Rosemary’s Baby, The Exorcist, dan The Omen.

Benar-benar terasa mencekam banget. Namun tak dipungkiri, lagunya merupakan karya yang sangat masterpiece.

1. Queen – Bohemian Rhapsody (1975)

Queen – Bohemian Rhapsody via Queen Official

Yap lagu mana lagi yang paling keren, paling gokil, dan tentunya paling beda sendiri di dekade 70an kalau bukan lagu hit milik Queen ini bukan? Tentunya kami tidak perlu menjelaskan panjang lebar lagi bukan alasannya?

Intinya, Bohemian Rhapsody merupakan sebuah lagu (baik secara Rock atau secara general) yang paling jenius. Dan hingga kini, masih belum ada lagi lagu yang benar-benar bisa menandingi lagu gubahan (alm) Freddie Mercury ini.

Dari 10 lagu keren 70an ini, yang manakah yang merupakan lagu favorit kalian Cakap People?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bersiaplah, Billie Eilish Bakal Konser di Indonesia 7 September 2020

Rutinitas Minum Kopi Ternyata Bisa Turunkan Kadar Gula Darah, Tapi..