in ,

Hati-Hati! Olahraga Saat Cuaca Dingin Bisa Buat Otot Cepat Sakit

CakapCakap – Banyak orang yang memilih untuk berolahraga ketika dalam cuaca dingin, karena bisa menghangatkan badan, selain pastinya tentu tidak akan terlalu bermandikan keringat ketika cuaca panas. Cakap People mungkin juga pernah berolahraga dalam cuaca dengan udara dingin, seperti di pagi hari, ketika mendung, atau setelah hujan. Namun, perlu diketahui ternyata berolahraga dalam cuaca dingin dapat memberikan efek, yakni otot-otot tubuh yang justru menjadi lebih cepat sakit.

Berolahraga saat cuaca dingin seperti di pagi hari bisa membuat otot lebih cepat terasa sakit. Via hellosehat.com

Menurut terapis asal Los Angeles, Amerika Serikat, Vivian Eisenstadt, udara dingin membuat otot kehilangan panas lebih cepat dan berkontraksi, sehingga menyebabkan otot lebih cepat kaku pada seluruh tubuh, seperti dimuat dalam laman Merdeka.com. Dalam kondisi ini, bagian persendian lebih kencang dan bisa meningkatkan risiko saraf terjepit. Saat berolahraga dalam udara dingin, otot juga dipaksa bekerja lebih banyak agar suhu tubuh menyesuaikan dengan suhu lingkungan yang dingin.

Hal ini memicu lebih banyak kerusakan pada jaringan otot dan bisa membuat otot lebih cepat terasa sakit atau nyeri. Namun, ini bisa dikurangi dengan melakukan pemanasan lebih lama dari biasanya. “Merasakan nyeri otot setelah beberapa hari berolahraga adalah hal wajar, terutama jika melakukan olahraga yang cukup berat. Jika pada cuaca dingin tubuh lebih cepat sakit ketika berolahraga, maka lakukan pemanasan lebih lama,” ungkap terapis Amy McDowell dari ARC Physical therapy di Chicago. Memulai olahraga ringan seperti jalan cepat atau jogging bisa membantu meningkatkan suhu tubuh.

Namun berolahraga saat cuaca dingin terutama pagi hari juga memiliki banyak manfaat. Via detik.com

Namun, meski begitu ternyata berolahraga dalam cuaca dingin juga punya manfaat. Menurut laman Fimela.com, berolahraga di cuaca dingin membuat kalori yang terbakar akan lebih banyak, karena tubuh membutuhkan usaha ekstra untuk meningkatkan suhu inti. Cuaca dingin juga bisa membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Maka harus diimbangi dengan berolahraga, seperti olahraga kardio yang dapat membuat otot-otot jantung jauh lebih kuat.

Selain itu, kekebalan tubuh juga akan meningkat, serta bisa membantu mencegah kenaikan berat badan. Tak hanya itu, saja berolahraga saat cuaca dingin juga dapat menghalau rasa stres dan galau. Nah, sekarang tidak ada alasan lagi bagi Cakap People untuk malas berolahraga ketika cuaca dingin!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wajib Tahu! Sering Naik Transportasi Umum Ternyata Bisa Bikin Langsing

Duh! Ford Siap-Siap Pecat Seribuan Karyawannya di Inggris