in ,

Societeit de Harmonie, Tempat Kumpul Seniman Makassar

Para seniman yang ada di Makassar pastinya sangat tahu tentang keberadaan Gedung Kesenian Sulawesi Selatan atau yang sering disebut dengan Societeit de Harmonie. Pada masa kemerdekaan, gedung ini digunakan sebagai kantor dan gedung pertunjukkan. Barulah pada tahun 1998, para penggiat kesenian di Makassar mendesak pemerintah untuk memfungsikan kembali gedung ini menjadi tempat pertunjukan dan melakukan renovasi serta menambahkan fasilitas pendukung yang hingga saat ini masih terus digunakan.

Gedung Kesenian Sulawesi Selatan atau yang sering disebut dengan Societeit de Harmonie via http://wartatimur.com

Gedung Kesenian Sulawesi Selatan ini berada di Jalan Riburane No.15, dan terletak hanya sekitar 600 meter dari Lapangan Karebosi. Lokasi yang cukup mudah dijangkau ini tentu membuat kamu yang datang ke Makassar nggak boleh melewatkan diri untuk jalan-jalan ke Societeit de Harmonie ini. Dengan menaiki taksi atau angkutan kota, gedung ini bisa langsung dijangkau oleh siapa pun.

Bangunan ini masih kokoh berdiri dan jadi saksi sejarah setelah melewati puluhan tahun via http://travelink-indonesia.com

Dengan membawa unsur seni ke dalam gedung, tentu bangunan ini cukup artistik jika dilihat dari konsep pembangunannya. Terdapat kolom yang berderet serta garis vertikal dan horisontal pada ventilasi membuat ketegasan desain yang menawan jika dilihat dari kejauhan. Tak lupa dengan unsur lokal, bangunan ini memiliki bentuk limasan di bagian atapnya dengan kemiringan yang cukup tajam. Ada juga atap menara yang berbentuk kubah runcing dan patah di tengahnya yang terlihat seperti bentuk bujur sangkar.

Hingga saat ini bangunan ini masih kokoh berdiri dan jadi saksi sejarah karena udah melewati puluhan tahun dan beberapa generasi yang mendatanginya. Gedung kesenian ini termasuk ke dalam banguan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pulau Samalona, Pulau Kecil di Makassar dengan Beribu Keindahan

Wisata di Atas Awan Pango-Pango Toraja, Penasaran?