in ,

Rencana Memboyong Toyota Supra Ke Indonesia Bakal Terkendala, Kenapa?

CakapCakap – Perusahaan otomotif raksasa dunia asal Jepang, Toyota belum lama ini meluncurkan secara resmi mobil sport Toyota Supra untuk pasar global. Cakap People para pecinta otomotif dan mobil sport pasti juga sudah mengetahui kabar tersebut, ketika Toyota Supra diperkenalkan pada awal bulan Januari 2019 lalu. Nah, kabar gembiranya, mobil sport Toyota Supra ini pun digadang-gadang bakal hadir pula di pasar Tanah Air, untuk memenuhi rasa penasaran para penggemarnya.

Rencana memboyong Toyota Supra generasi terbaru ke Indonesia sepertinya bakal terkendala. Via cnet.com

Namun sayang, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku agen pemegang merek Toyota Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto mengakui menjual Toyota Supra di Tanah Air memang tidak akan mudah. Kendala pertama soal harga jualnya yang bisa selangit dan spesifikasi mesin sulit disesuaikan di dalam negeri. Dihitung berbagai pajak, mobil ini diperkirakan dibanderol Rp 2 miliar saat mengaspal di Indonesia, lebih dua kali lipat dari harga Toyota 86 senilai Rp 728 juta. Banderol ini bisa lebih mahal bila dijual dengan patokan harmonisasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diwacanakan pemerintah, di mana pajak dinilai berdasar emisi gas buang.

Soerjo pesimistis mesin mobil legendaris ini bisa memenuhi aturan baru soal emisi. Dia khawatir bila dijual di Indonesia justru harga per unit tidak sesuai ekspektasi. “Akan mahal, karena (PPnBM) yang baru hitungan dari emisi,” ungkap Soerjo di CNNIndonesia.com. Oleh karena banyak pertimbangan, maka dia belum bisa memastikan Toyota Supra dijual di Indonesia. Menurutnya ada kemungkinan model ini akan tetap masuk ke pasar, tapi bukan melalui PT TAM melainkan melalui importir umum.

Harga Toyota Supra generasi terbaru setelah sampai di Indonesia diperkirakan bisa mencapai Rp 2 miliar, setelah ditambah berbagai pajak. Via carlist.my

Toyota Supra generasi terbaru ini hadir setelah 17 tahun tanpa kabar, dan kini datang menggunakan mesin yang sama dengan BMW Z4 Roadster, yaknis mesin 3.0L inline 6-silinder turbochange, seperti dimuat dalam laman iNews.id. Mesin yang dipakai Toyota Supra terbaru ini diklaim menghasilkan tenaga 335 hp dan torsi maksimum 495 Nm, yang akan disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Soal akselerasinya, Toyota Supra butuh waktu 4,1 detik untuk mencapai 0-100 km/jam.

Melihat spesifikasinya, jelas bahwa Toyota Supra memang masuk dalam kategori mobil sport mewah dengan harga premium seperti yang diperkirakan oleh PT TAM. Bagaimana menurut Cakap People?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Para Guru Kesenian Asal Indonesia Unjuk Kebolehan di Beijing

Mengenal Sewasewa.id, Aplikasi Keren untuk Menyewa Barang dan Jasa