in ,

Rajiin Berolahraga Rutin Ternyata Bisa Turunkan Risiko Stroke pada Wanita

CakapCakap – Olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi jika Cakap People melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Bahkan, olahraga ringan hingga sedang seperti jalan cepat dan lainnya saja bisa membantu mencegah stroke, terutama pada kaum wanita. Ini terbukti dalam sebuah penelitian, di mana rajin berolahraga secara rutin ternyata bisa menurunkan risiko stroke pada kaum wanita.

Wanita yang rutin berolahraga memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah dibanding wanita bergaya hidup tidak aktif. Via kabardunia.com

“Saya sangat terkejut bahwa olahraga tingkat sedang ternyata sangat mempengaruhi risiko stroke,” ungkap ketua peneliti Sophia Wang, profesor dari Beckman Research Institute, California, Amerika Serikat, seperti dimuat pada laman Merdeka.com. Dia bersama timnya melakukan penelitian dengan  mengamati 133.500 wanita yang merupakan pasien stroke di California Texas Study dalam periode tahun 1996-2010. Hasilnya, wanita yang melakukan aktivitas fisik tingkat sedang selama tiga tahun sebelumnya punya risiko stroke 20 persen lebih rendah dibanding wanita bergaya hidup tidak aktif.

Menariknya, cuma olahraga yang bersifat sedang saja yang bisa membantu para wanita menurunkan risiko stroke. Olahraga berat seperti berlari tidak bisa membantu wanita menurunkan risiko stroke lebih lanjut. Penelitian juga menemukan bahwa wanita yang sudah mengalami menopause dan menggunakan terapi hormon lebih berisiko terkena stroke hingga 30 persen. Namun olahraga ringan dan sedang, seperti jalan sehat, jalan cepat hingga jogging ternyata bisa menurunkan risiko tersebut.

Olahraga secara rutin juga dapat mengurangi risiko stroke pada pria maupun wanita yang berusia lebih 45 tahun. Via magazine.job-like.com

Penelitian lain juga mendukung temuan tersebut. Bahkan, olahraga secara rutin dapat mengurangi risiko stroke pada pria maupun wanita yang berusia lebih 45 tahun, seperti dilaporkan oleh laman Kompas.com. Studi jangka panjang selama 5-7 tahun oleh University of Alabama di Birmingham itu melakukan analisa data dari pria dan wanita berusia 45 tahun atau lebih. Dari sekitar 27 ribu peserta, mereka yang rajin berolahraga secara rutin memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena stroke.

Hasilnya mereka yang tak berolahraga memiliki 20 persen lebih tinggi kemungkinan untuk menderita stroke. Sementara mereka yang berolahraga paling rutin punya risiko paling kecil untuk mengalami stroke dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan stroke. Menurut para peneliti, temuan ini pun bahkan lebih terlihat pada pria dibanding wanita. Makanya, harus olahraga rutin ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata Otak Perempuan ‘Lebih Muda’ dan ‘Sehat Lebih Lama’ Dibanding Lelaki. Penasaran?

Wajib Tahu! Ternyata Begini Cara Olahraga Membuat Seks Lebih Bergairah