in ,

Merasa Jet Lag Setelah Perjalanan Udara? Coba Atasi dengan Olahraga!

CakapCakap – Mobilitas manusia yang semakin meningkat membuat setiap orang bisa melakukan perjalanan udara kapan saja. Apalagi di Indonesia, banyak daerah kepulauan yang terpisah oleh laut, sehingga harus menempuh perjalanan udara agar bisa menghemat waktu. Namun, perjalanan udara dengan pesawat terbang sering pula menyisakan rasa penat terbang, atau disebut juga jet lag. Cakap People pun pasti pernah merasakan jet lag setelah perjalanan udara, sehingga butuh untuk istirahat.

Perjalanan udara sering kali menyebabkan terjadinya rasa jet lag. Via dictio.id

Nah, jet lag ini ternyata bisa diatasi dengan berolahraga. Peneliti dari College of Nursing and Health Innovation dan College of Health Solutions di Arizona State University, Phoenix, Amerika Serikat, Shawn Youngstedt melakukan studi dengan rekan-rekannya tentang penat terbang, dan menemukan olahraga dapat melawan efek negatif gangguan irama sirkadian yang menyebabkan terjadi jet lag.

“Olahraga telah diketahui menyebabkan perubahan pada jam tubuh kita. Kami bisa menunjukkan dengan jelas dalam penelitian ini ketika olahraga menunda jam tubuh, atau memajukannya,” jelas Youngstedt mengenai hasil penelitiannya tersebut, seperti yang dikutip dari laman Republika.co.id.

Olahraga diketahui bisa membantu mengurangi rasa jet lag akibat perjalanan udara yang jauh. Via pegipegi.com

Berolahraga pukul 07.00 pagi atau antara pukul 01.00 dan 16.00 menggeser ritme sirkadian ke waktu sebelumnya, sambil melakukan olahraga antara pukul 19.00 dan 22.00 yang mendorong jam tubuh kembali. Di sisi lain, olahraga antara pukul 01.00 sampai 04.00 atau pukul 10.00 tak mempengaruhi kadar melatonin, hormon yang membuat mengantuk. “Ini studi pertama yang membandingkan efek latihan pada jam tubuh, dan bisa membuka kemungkinan menggunakan latihan untuk membantu melawan efek negatif penat terbang dan kerja shift,” pungkas Youngstedt terkait hasil penelitiannya.

Olahraga memang sangat disarankan untuk mengurangi rasa jet lag akibat perjalanan udara yang jauh. Seperti dimuat dalam laman Kompas.com, orang yang memiliki kehidupan fisik aktif atau rutin berolahraga, maka kita tidak akan merasakan jet lag yang terlalu parah. Kalaupun bukan orang yang rutin berolahraga, menjelang perjalanan ke luar negeri, cobalah untuk berolahraga ringan sebentar untuk mengurangi dampak jet lag nantinya. Selamat mencoba ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Anti-Ribet, Ini Dia Cara Memanjangkan Rambut Paling Praktis

Wanita Bisa Jaga Berat Badan dengan Aktivitas Fisik Sederhana Ini Lho!