in ,

Hari Pramuka, Inilah Manfaat Berpandu bagi Anak

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler; Pramuka pasti sudah tak asing lagi buat anak-anak usia sekolah.

CakapCakapCakap People! Setiap tanggal 14 Agustus, selalu diperingati Hari Pramuka Nasional. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler sekolah; Pramuka, pasti sudah tak asing lagi ya bagi anak-anak sekolah. Tapi, ternyata banyak manfaat penting loh jika anak-anak mengikuti kegiatan Pramuka.

View this post on Instagram

Kebersamaan itu mahal dan tidak ternilai harganya. Maka beruntunglah bagi orang-oraang yang mampu membelinya. Yaitu orang-orang yang peduli pada kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekatnya Selamat Hari Pramuka ke-58 Salam Pramuka . . Post by @akhlakulkharimah07 Follow @infopramuka . . #pramukaindonesia #pramukahits #pramukagantengcantik #pramukakeren #pramukakece #pramukaupdate #pramukakreatif#pramukaperekatnkri #galeripramuka #aksipramuka #pramukacantik #diarypramuka #pramukabaper_id #pramukajabar #pramukapeduli #setiappramukaadalahkantorberita #kwartirnasional #pramukagaruda

A post shared by Info Gerakan Pramuka (@infopramuka) on

Melansir dari Very Well Family dan Health Fitness Revolution via TEMPO, inilah manfaat bagi anak-anak yang mengikuti kegiatan Pramuka:

1. Mengajarkan nilai kemandirian

Salah satu aktivitas dalam Pramuka ialah berkemah. Dengan mengikutkan anak pergi berkemah, mereka akan mendapatkan pengalaman untuk menjadi pribadi yang mandiri karena terkait akan dituntut untuk melakukan segala sesuatu sendiri, mulai dari memasak, mencuci pakaian, hingga memasang tenda. Mereka pun tak akan lagi bermalas-malasan dan lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

2. Membentuk karakter yang mau bekerjasama

Sifat anak-anak yang paling menonjol ialah keinginan untuk menang sendiri. Dalam Pramuka, hal tersebut bisa dilatih, sebab dengan banyaknya tugas bersama, mereka tentu diajarkan untuk menyelesaikannya dengan tim sehingga sisi egois untuk menang dan menonjol bisa diredam guna mencapai tujuan akhir yang memuaskan.

3. Mencintai dan menjaga alam

Anak-anak mungkin sering acuh terhadap lingkungan sekitar. Namun, dengan pergi berkemah dan tinggal di hutan, mereka akan menyatu dengan alam. Mereka juga akan melihat bagaimana pentingnya alam untuk mendukung setiap aktivitas sehingga setelah kembali dari berkemah, mereka bisa mencintai dan ikut menjaga alam.

4. Melatih kedisiplinan

Sebagian orang tua mungkin merasa kesulitan untuk menghadapi anak yang kurang disiplin. Namun, melalui Pramuka, hal ini bisa dicapai sebab mereka akan diajarkan bagaimana menjadi pribadi yang tepat waktu hingga selalu menggunakan atribut lengkap. Dengan demikian, sekembalinya dari kegiatan Pramuka, mereka akan terbiasa untuk menjadwalkan segala sesuatu dengan baik dan tepat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Mobil Listrik Tenaga Surya Mitsubishi i-MiEV Bakal Uji Coba di Pulau Sumba

Apa Boleh Menggunakan Masker Peel Off Saat Jerawatan? Temukan Jawabannya di sini!