in ,

Coober Pedy, Kota Bawah Tanah di Australia dengan View Menakjubkan

Coober Pedy, kota yang dibangun untuk tempat tinggal di bawah tanah

CakapCakap – Cakap People harus tahu jika ada begitu banyak kota dengan konsep unik di seluruh dunia. Salah satunya adalah kota yang ada di Australia satu ini. Tempat yang diberi nama Coober Pedy ini merupakan salah satu tempat paling panas di negara Kanguru.

Di Coober Pedy, penduduknya membangun kota di bawah tanah lalu digunakan untuk bertempat tinggal. Adapun nama dari Coober Pedy sendiri berasal dari istilah yang didapatkan dari suku Aborigin yakni “Kupa-piti”. Arti dari istilah ini adalah lubang dan seorang pria dengan kulit putih.

Kota bawah tanah Coober Pedy via southaustralia.com

Mengingat lokasinya yang jauh dari kota, maka tidak heran jika membutuhkan waktu seharian untuk berkendara dari kota Adelaide sampai ke lokasi yang dimaksud.

Alasan Penduduknya Tinggal di Bawah Tanah

Coober Pedy via sarahbeekmans.com

Ada alasan tertentu kenapa penduduk di Coober Pedy lebih suka tinggal di bawah tanah. Hal ini tidak lepas dari permukaan tanahnya yang bersuhu rata-rata sekitar 50 derajat Celcius. Suhu tersebut tentu lebih tinggi dibandingkan suhu rata-rata di bawah tanahnya yakni 23 sampai dengan 25 derajat Celcius.

Dengan suhu tersebut, maka tinggal di bawah tanah di Coober Pedy tentu tidak membutuhkan yang namanya pendingin ruangan lagi. Jumlah orang yang memutuskan untuk tinggal di bawah tanah juga tidak tergolong sedikit lho, karena kamu bisa menemukan setidaknya 1.700 orang yang tinggal di sana.

Terdapat gereja di Coober Pedy via cooberpedy.sa.gov.au

Tidak hanya rumah, namun ada juga bangunan lain yang berupa motel bawah tanah, gereja bawah tanah hingga toko di bawah tanah. Bagi kamu yang penasaran dengan Coober Pedy, kamu juga bisa merasakan kehidupan yang ada di bawah tanah. Di sana, kamu bisa menginap di motel ataupun hotel yang disediakan.

Coober Pedy via booking.com

Di zaman dulu saat ada penduduk yang hendak melahirkan, maka penduduk di sana akan mulai untuk menggali lubang lalu melapisi bagian lantainya dengan semen. Dengan cara tersebut maka mereka bisa menciptakan ruangan baru untuk si buah hati.

Konsep yang unik dan menarik membuat beberapa orang penasaran bagaimana rasanya tinggal di bawah tanah seperti di Coober Pedy ini. Apa Cakap People juga penasaran ingin ke tempat ini?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ssst! Bergosip Ternyata Baik Bagi Tubuh Manusia

Dulu Pemulung, Kini Sophy Ron Jadi Mahasiswi Cantik di Universitas Melbourne