in ,

7 Objek Wisata di Indonesia Ini Dikaitkan dengan Mitos Putus Cinta, Pernah ke Sini?

CakapCakap – Indonesia merupakan negara yang kaya akan destinasi wisata. Bahkan, saking kayanya setiap tahun selalu padat akan kunjungan turis mancanegara hingga domestik. Jika kamu salah satu sosok yang gemar berplesiran ke Indonesia, maka pasti tak akan asing apabila mendengar mitos seputar tempat wisata di negara kita ini. Salah satu mitos yang cukup kental dan lekat di hati kita ialah beberapa lokasi liburan yang kabarnya dapat menyebabkan pasangan kekasih putus Cakap People.

Apabila kamu belum singgah ke-7 tempat berikut dengan pasangan, sebaiknya jangan ke sana. Sebab disinyalir barang siapa yang membawa pasangannya ke sana maka mereka akan putus. Kira-kira, benarkah mitos tersebut dan di mana saja? Cari tahu informasinya di ulasan berikut ini!

1. Tanjakan Cinta di Gunung Semeru

Mitos di Tanjakan Cinta Gunung Semeru via Tommywitjaksono.blogspot.com

Menurut legenda, terdapat sepasang kekasih yang telah bertunangan kemudian memutuskan untuk mendaki Gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur Tanjakan Cinta ini si pria sudah sampai atas. Namun sang wanita masih di bawah, karena kelelahan maka pasangannya ini jatuh hingga terguling dan kemudian meninggal. Berbekal dari legenda tersebut akhirnya muncul mitos yang menyebutkan jika siapa yang berjalan tanpa menoleh ke belakang maka akan mendapatkan cinta sejati. Begitu pula sebaliknya.

2. Candi Prambanan

 

Legenda yang beredar di Candi Prambanan via Maioloo.com

Candi yang berada di Sleman, Yogyakarta ini terkenal dengan legendanya yang terbilang mendunia. Di mana kabarnya candi berikut dibuat oleh Bandung Bondowoso atas permintaan Roro Jonggrang yang merupakan sosok wanita dicintainya. Tetapi sayangnya Roro Jonggrang berkhianat, hingga akhirnya ia mendapat kutukan dari Bandung Bondowoso guna menjadi candi yang ke-1000. Menurut legenda tersebut masyarakat menganggap jika setiap pasangan kekasih yang singgah ke sana maka akan putus. Terlebih yang membuat candi tersebut adalah orang yang patah hati.

3. Tanah Lot

Pura di tepian laut via Baligetaway.co.id

Pura yang berada di tepi pantai ini seolah jadi daya tarik utama untuk para turis asing yang berkunjung ke Bali. Pura tersebut dijaga oleh ular suci yang katanya bisa mengabulkan keinginan pengunjungnya. Tetapi, pasangan kekasih tak dianjurkan untuk datang menemui ular tersebut. Lantaran dapat membuat hubungan keduanya jadi kandas.

4. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun yang terletak di Malang via Phinemo.com

Legenda di tempat ini juga tak kalah populer dengan destinasi wisata lain. Di mana terdapat sosok putri bernama Dewi Anjarwati yang merasa kehilangan suaminya, Raden Baron Kusumo. Alhasil Dewi kemudian duduk di atas batu besar yang letaknya tepat di air terjun tersebut. Di Jawa, janda disebut pula dengan nama ‘rondo’. Seiring dengan berkembangnya cerita tersebut maka juga turut terdapat mitos yang menyebutkan jika ada yang pacaran di sana akan mengalami putus cinta.

5. Baturraden

Legenda di Baturraden via Blog.travtou.com

Pernah mendengar destinasi wisata yang satu ini? Letaknya ada di Banyumas, Jawa Tengah. Menurut legenda yang menyebar, nama tempat berikut berasal dari nama anak Bupati atau ‘raden’ yang ternyata menjalin asmara dengan anak pembantu. Dalam bahasa Jawa namanya ialah ‘batur’. Hubungan cinta dengan kasta yang berbeda ini tentu saja tak disetujui oleh orang tua. Hingga akhirnya mereka mengakhiri cinta keduanya di suatu hutan yang kemudian bernama Baturraden. Masyarakat percaya jika ada pasangan kekasih yang berkunjung ke sana maka akan mengalami perpisahan sama dengan legenda tersebut.

6. Pantai Belakambang

Pantai indah dengan air jernih via Ngadem.com

Pantai yang punya air jernih dan pasir putih ini juga menyimpan legendanya sendiri. Di mana pasangan kekasih yang singgah ke sini dikabarkan akan segera putus. Tetapi hal tersebut tak berlaku bagi pasangan suami istri. Selain itu, dipercaya juga air yang ada di sekitar pantai ini dapat menjadikan seseorang awet muda lho!

7. Kebun Raya Bogor

Sebaiknya jangan menyebrang di jembatan merah bersama pacar via Yukepo.com

Tempat yang satu ini memang sangat seru jika dijadikan sebagai destinasi untuk piknik dan berlibur bersama pasangan. Dibalik tempat dengan hawa sejuk ini, ternyata juga menyimpan mitos seputar percintaan. Di mana konon jika ada orang single duduk di bawah pohon jodoh maka akan mendapatkan pasangan. Sementara, jika ada pasangan kekasih yang menyebrangi jembatan merah maka kabarnya mereka akan putus.

Apa Cakap People pernah berkunjung ke-7 tempat wisata di atas? Tampaknya mitos memang sering memberikan dampak tersendiri bagi orang lain. Ada yang percaya serta ada yang tidak. Namun tempat wisata memang umumnya besar karena adanya mitos. Sehingga bisa memicu rasa penasaran orang untuk berkunjung ke sana.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Punya Sneakers Putih Kotor? Bersihkan dengan 3 Tips Mudah Berikut!

Ternyata Jenis Olahraga Ini Bisa Membakar Banyak Kalori!