in ,

Wanita Bisa Jaga Berat Badan dengan Aktivitas Fisik Sederhana Ini Lho!

CakapCakap – Memiliki bentuk tubuh yang sempurna dan ideal adalah impian banyak kaum wanita. Namun, tidak semua orang bisa memilikinya dengan mudah. Bahkan, hanya untuk sekadar menjaga berat badan saja sudah cukup sulit bagi sejumlah wanita. Cakap People pun mungkin juga pernah mengalaminya. Padahal, ada sejumlah aktivitas fisik sederhana yang bisa membantuk menjaga berat badan. Aktivitas fisik itu pun dapat menggantikan olahraga, karena memiliki manfaat yang sama.

Wanita bisa mencoba mempertahankan bentuk tubuhnya dan mencegah kegemukan tanpa berolahraga. Via tempo.co

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari Rumah Sakit Premier Bintaro, dr Hario Tilarso, para wanita memang bisa mencoba mempertahankan bentuk tubuhnya dan mencegah kegemukan tanpa berolahraga. “Asal dalam satu hari, wanita tersebut mengerjakan pekerjaan rumah tangga minimal 30 menit,” ungkap dr Hario seperti dimuat dalam laman Merdeka.com. Ini sesuai dengan pendapat dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), di mana wanita yang sehari-hari mampu mengerjakan pekerjaan rumah dan aktivitas fisik secara bersamaan cenderung tak gemuk meski malas olahraga.

“Selama 30 menit itu dia harus mengepel, naik turun tangga, menyapu di kebun, itu sudah cukup buat kita. Boleh saja malas pergi ke gym, tapi setidaknya jangan malas gerak. Kalau ke gym malas, lari di jalan juga malas, ya susah,” tambah dr Hario. Olahraga pada dasarnya dianjurkan dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Akan tetapi selama tujuh hari itu, kita harus tetap rajin melakukan aktivitas fisik. Bisa sekadar jalan kaki, naik turun tangga, atau bangkit dari kursi bila sudah satu jam bekerja.

Melakukan aktivitas fisik seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga minimal 30 menit dalam sehari bisa jadi pengganti olahraga. Via 1health.id

Nah, agar semakin rajin untuk melakukan aktivitas fisik, maka disarankan untuk rutin sarapan pagi secara teratur. Pasalnya, menurut hasil studi terbaru dari Universitas Bath, ternyata sarapan dapat memicu orang gemuk dan kelebihan berat badan untuk melakukan aktivitas fisik, seperti dilaporkan oleh laman Kompas.com. Dari hasil penelitian yang dimuat di ‘American Journal of Clinical Nutrition’ itu, diketahui bahwa sarapan membuat orang lebih banyak melakukan aktivitas fisik di pagi hari dan asupan makanan berkurang pada jam makan berikutnya, sehingga dapat mengontrol berat badan.

Alasannya, sarapan bisa meningkatkan energi sehingga seseorang lebih bisa bergerak aktif sepanjang hari. Sementaa meningkatkan aktivitas fisik merupakan salah satu cara yang paling mempengaruhi kesehatan seseorang. Nah, Cakap People juga harus rajin melakukan aktivitas fisik dari sekarang ya!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Merasa Jet Lag Setelah Perjalanan Udara? Coba Atasi dengan Olahraga!

Ini Dia Alasan Diperlukannya Ruang Brainwash di Setiap Kantor