in ,

Pujian dari Ibu Menteri untuk Bank Sampah Makassar

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, mengunjungi Kota Makassar. Di peringatan tahun ini, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) mengangkat tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah”, untuk mengajak masyarakat menjadi lebih peduli terhadap persoalan sampah. Ibu Menteri Siti Nurbaya dalam kedatangannya di kota Makassar memuji keberhasilan Bank Sampah yang dikelola oleh pemerintah kota setempat.

Bank Sampah yang selama ini berjalan dengan baik, menunjukkan bukti nyata niat masyarakat untuk menangani masalah sampah di daerah perkotaan. Bank Sampah ini juga tidak hanya berguna untuk mengumpulkan dan mengelola sampah, tetapi juga menjadikan media penolong perekonomian masyarakat. Menteri LHK mengucapkan terimakasih juga kepada seluruh masyarakat yang sudah mau menjadi nasabah bank sampah. Parameter ini yang menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terus meningkat.

Masyarakat Makassar terus peduli dengan Sampah
makassar.sindonews.com

Pemerintah Makassar bahkan telah merancang berbagai macam program untuk menangani masalah persampahan. Salah satu yang sedang berjalan ini adalah Bank Sampah. Solusi lainnya antara lain lorong garden, dan program LiSA (Lihat Sampah Ambil. Kekreatifan yang dituangkan dalam program yang praktis ini sangat mudah untuk dipahami dan diikuti oleh masyarakat. Perlu disadari bahwa ada banyak sekali langkah yang bisa dilakukan untuk penanganan sampah. Mulai dari pendidikan di sekolah, pemilahan, bank sampah, komposter airob, dan penyediaan tempat sampah yang memadai.

Direktur Bank Sampah, Saharuddin menyebutkan bahwa sampai saat ini sudah ada 350 ribu nasabah yang tergabung dalam Bank Sampah. Mereka sudah merasakan manfaat Bank Sampah dengan perputaran uang sebulan yang mencapai Rp. 300 juta. Dari sekitar 5247 unit Bank Sampai yang tersebar di seluruh Indonesia, Kota Makassar menjadi penyumbang Bank Sampah terbesar, yakni mencapai 800 unit.

Bank Sampah di Makassar
smartcitymakassar.com

Persoalan sampai ini menjadi hal yang serius dan terus disoroti oleh pemerhati lingkungan. Sampah dan kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab oleh segelintir orang, tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Kehadiran Kota Makassar yang mempelopori adanya bank sampah yang berkualitas ini, akan menjadi sebuah cambuk bagi daerah lain agar lebih semangat dalam memerangi masalah sampah di daerah masing-masing.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Peluang Bekerja Ke Luar Negeri untuk Masyarakat Makassar

Rute Ferry Baru Jawa Timur – Sulsel dan Kalteng