in

Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melamar Kerja di Perusahaan yang Pernah Menolakmu

CakapCakap – Memiliki pengalaman gagal dalam melamar pekerjaan merupakan suatu hal yang berarti. Sebab dari sana Cakap People bisa memiliki pengalaman yang semakin bertambah. Dengan bertambahnya pengalaman tersebut, maka akan membuat kamu makin mengenal seperti apa sulitnya mencari pekerjaan.

Kamu juga akan semakin hafal bagaimana cara menghadapi orang. Namun, tak sedikit orang yang memiliki impian untuk menduduki posisi tertentu. Sehingga bila ada lowongan yang sama di perusahaan tersebut, baik dari segi posisi maupun job desk maka kita akan dengan senang hati mengulangi untuk melamar di sana. Tetapi, demi mencegah penolakan yang berulang maka kamu harus memperhatikan 5 hal berikut ini!

1. Persiapan diri

Menyiapkan diri sebelum wawancara kerja via Sleekr.co

Pernah melakukan kesalahan pada sesi interview? Maka jangan ulangi lagi kali ini. Inilah pentingnya jika kamu melakukan evaluasi. Apabila pihak pewawancara memberikan kamu pertanyaan yang sama dengan yang dulu, maka hindari untuk menjawabnya dengan sama pula. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan jika si pewawancara memberikan waktu bagimu.

2. Buat CV baru

CV yang kreatif via Kampusious.com

Jika hendak melamar pekerjaan di perusahaan yang dulunya pernah menolak kamu, maka lakukan pembaruan. Jangan kembali menyebarkan CV lama atau yang dulu kamu gunakan. Hal tersebut dapat membuat perusahaan menjadi bosan. Tampilan CV yang lebih fresh dan segar akan membuat pihak perusahaan lebih tertarik untuk merekrut kamu sebagai karyawannya.

3. Hindari melamar secara beruntun

Memberikan jeda waktu via Economy.okezone.com

Sudah sampai di tahap wawancara namun nyatanya proses tak berlanjut? Pasti rasanya seperti sedang patah hati. Walau demikian, jangan putus asa untuk mencoba lagi. Kamu bisa drop CV kembali di perusahaan tersebut. Tetapi berikanlah jeda waktunya. Paling tidak kamu dapat memberikan jeda selama 3 bulan. Sembari menunggu lowongan dibuka kembali, kamu dapat melamar pekerjaan di tempat lain. Sebaiknya lakukan evaluasi diri pula dan apa-apa saja skill yang patut ditingkatkan.

4. Asah kemampuan

Menggali skill via Mpssoft.co.id

Bukan rahasia lagi jika ketika melamar sebuah pekerjaan, pasti kita akan memiliki saingan. Masing-masing rival pencari kerja tersebut pasti mempunyai kemampuan yang belum tentu kita miliki. Oleh karena itu, kita harus memperkaya skill yang ada pada diri kita. Sehingga kita dapat menyingkirkan rival-rival tersebut secara sehat dan menduduki posisi yang kita incar. Dengan begitu, pihak perusahaan yang sempat menolak kita tak akan ragu lagi guna menjadikan kita sebagai pegawainya.

5. Saat untuk move on

Coba cari pekerjaan di tempat lain Infobandung.co.id

Jika kamu sudah mencoba sampai dua kali namun masih gagal juga, berarti itu belum menjadi rezeki kamu. Jadi tak perlu putus asa atau patah semangat. Carilah peluang di tempat lain. Kamu dapat membangun mimpi baru di tempat tersebut.

Cakap People mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan mental yang kuat dan semangat yang tak pernah padam. Oleh karena itu, jangan pernah menyianyiakan peluang yang ada. Bahkan jika peluang itu sangat kecil. Sebab kamu tak akan pernah tahu jika tak mencobanya. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Waduh, Harga Mobil Mewah akan Menanjak Sampai 3 Kali Lipat! Ketahui Berapa Pajaknya

Ini Dia Tips Make Up Bagi Cowok yang Peduli Penampilan!