in

Cegah Perut Kembung Saat Menstruasi dengan Melakukan 4 Hal Ini!

CakapCakap – Ketika sedang didatangi oleh tamu bulanan, maka wanita akan merasakan banyak sekali hal Cakap People. Mulai dari perubahan emosi, suasana hati sampai perubahan hormon sendiri. Hal tersebut akhirnya juga memberikan aneka rasa pada reaksi tubuh. Salah satu yang paling mungkin dirasakan ialah adanya perut kembung serta sesak.

Tentunya rasa tersebut cukup membuat tak nyaman wanita. Terlebih jika harus mengenakan pakaian yang pas di tubuh, maka perut bisa tampak lebih buncit. Sebenarnya hal  tersebut bisa kamu hindari loh! Bagaimana caranya? Simak daftarnya berikut ini!

1. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan manis

Hindari konsumsi jenis makanan manis saat menstruasi via Glitzmedia.co

Gemar mengonsumsi jenis makanan manis saat menstruasi? Ada baiknya jika kamu mengatur batas yang tepat. Sebab kandungan gula berlebih bisa merangsang produksi gas berlebih pula. Sehingga perut bisa jadi begah dan kembung. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan maupun minuman yang punya cita rasa manis, terlebih jika mengandung pemanis buatan.

2. Tetap olahraga

Pilih alternatif olahraga ringan via Orami.co.id

Meskipun sedang menstruasi, namun kamu dituntut untuk tetap melakukan olahraga. Terkadang banyak wanita yang salah persepsi. Di mana saat menstruasi malah tak olahraga sama sekali. Kamu masih tetap dianjurkan olahraga, namun pilih olahraga yang ringan dan tak terlalu berat. Fungsi olahraga ini ialah untuk menjaga perut supaya tidak kram. Sekaligus sebagai media guna melatih tubuh agar peredaran darah lancar. Dengan olahraga maka metabolisme pencernaan juga lancar sehingga tak ada gas yang tertahan dalam perut.

3. Konsumsi makanan tinggi kalium dan protein

Makan makanan tinggi kalium via Jatenglive.com

Terdapat banyak sekali jenis makanan tinggi kalium yang bisa kamu konsumsi. Mulai dari tomat, pisang, asparagus hingga melon. Jenis mineral tersebut bisa membantu kamu untuk menyisihkan kandungan gas berlebihan yang ada dalam perut. Fungsi yang sama juga dilakukan oleh makanan tinggi protein seperti telur, tempe serta tahu. Bahkan hormon yang memicu terjadinya kembung di perut juga bisa diturunkan.

4. Kurangi makan makanan penyebab gas

Cara agar perut tidak kembung ketika menstruasi via Maminez.com

Ada beberapa jenis sayuran yang bisa memicu produksi gas loh! Jenis sayuran tersebut seperti kol, brokoli, selada hingga kembang kol. Ketika sedang menstruasi maka ada baiknya jika kamu mengurangi konsumsi jenis-jenis sayuran tersebut. Perbanyaklah konsumsi jenis makanan yang punya karbohidrat guna menjaga jalannya sistem pencernaan.

Merasakan perut yang begah dan kembung saat menstruasi memang sangat tidak nyaman Cakap People. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba melakukan cara-cara di atas untuk mencegahnya. Perut kembung akan membuat kamu kurang percaya diri sebab tampak buncit di bagian perut. Maka dari itu jangan segan melatih diri melakukan 4 cara di atas!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Lupa Makan Sebelum Olahraga! Ini Waktu dan Jenis Makanan Ideal

4 Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat Setelah Menikah