in ,

Wajib Tahu! Ini Manfaat Berolahraga Secara Rutin Bagi Manusia

CakapCakap – Olahraga jadi salah satu aktivitas fisik yang sangat penting bagi tubuh. Secara umum, olahraga bisa membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh karena itu, makanya setiap orang termasuk Cakap People disarankan melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Selama ini, olahraga rutin jadi tantangan bagi sebagian masyarakat pekerja yang hidup di kota besar. Umumnya, kendala waktu menjadi salah satu alasan utama seseorang tidak bisa rutin atau malas berolahraga.

Melakukan olahraga secara rutin bisa memberikan banyak sekali manfaat. Via kompas.com

Padahal, ada banyak sekali manfaat dari berolahraga secara rutin. Menurut dr Grace Tumbelaka SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga, aktivitas fisik rutin sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, atau penyakit sendi seperti osteoartitis. “Masalah kesehatan pun juga dihadapi kaum wanita, mulai dari obesitas, depresi, aging, osteoporosis, kanker dan demensia. Untuk mencegahnya, maka seseorang harus selalu aktif dan jika bisa olahraga secara rutin,” ujarnya di laman Fimela.com.

Ditambahkannya, olahraga mampu meningkatkan fungsi seluruh sel dalam tubuh, dengan semakin membaiknya berbagai aspek fungsi organ tubuh, misalnya meningkatkan sirkulasi darah maupun limfatik. Selain itu, olahraga juga bisa menyusutkan lemak adipose di rongga perut, meningkatkan kardioresiprasi yang berdampak langsung pada kebugaran, memperbaiki profil lipid, meningkatkan sensitifitas insulin, dan lainnya. Olahraga rutin pun baik untuk kesehatan otak karena dapat meningkatkan fungsi sel syaraf, menurunkan tingkat kecemasan dan depresi, serta masih banyak manfaat lainnya.

Berolahraga tidak harus selalu setiap hari, namun harus mencapai total 150 menit dalam seminggu. Via prokal.co

Secara umum, olahraga harus dilakukan rutin minimal 30 menit setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat, seperti dimuat dalam laman Kompas.com. Tetapi olahraga setiap hari bukan patokan baku, karena sah-sah saja berolahraga dua atau tiga kali dalam seminggu. Studi teranyar di jurnal ‘Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism’, disebutkan bahwa frekuensi olahraga bersifat fleksibel tergantung pada tujuan yang ingin dicapai, asalkan dalam seminggu total waktu 150 menit.

Rata-rata orang dalam studi itu berolahraga minimal 150 menit perminggu, baik intensitas sedang sampai berat. Sebagian orang membagi total waktu itu dalam lima sampai tujuh kali sesi olahraga, dan lainnya berolahraga satu sampai empat kali dalam seminggu. Bagaimana dengan Cakap People?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mencengangkan! Benarkah Bima Sakti akan Ditabrak oleh Galaksi Lain?

Lebih Penting Diet Atau Olahraga? Ini Kata Wanita Cantik Tiffany Soi!