in ,

Penting! Olahraga 1 Jam Sehari Bisa Buat Wanita Capai Usia 90 Tahun

CakapCakap – Olahraga memang punya banyak sekali manfaat. Cakap People tentu juga mengetahui bahwa setidaknya melakukan olahraga secara rutin dan teratur bisa membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Fakta menarik lainnya, wanita yang menjalankan aktivitas fisik atau olahraga selama satu jam sehari akan memiliki peluang jauh lebih besar untuk berusia lebih panjang, bahkan hingga mencapai usia 90 tahun, dibandingkan yang hanya berolahraga kurang dari 30 menit sehari.

Aktivitas fisik secara rutin setiap hari bisa memberikan peluang mencapai usia lebih panjang. Via kompas.com

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Epidemiologi di Pusat Medis Universitas Maastricht, Belanda, seperti dimuat dalam laman Tempo.co.  Salah satu peneliti, Lloyd Brandts mengatakan penelitian menunjukkan ukuran tubuh dan aktivitas fisik terkait dengan usia. “Tetapi hubungan ini tampaknya berbeda antara laki-laki dan perempuan,” ungkapnya. Brandts menyebut wanita punya kesempatan mencapai usia 90 tahun jika beraktivitas fisik selama 60 menit sehari. Namun, peluang usia lebih lanjut tak meningkat dengan lebih banyak berolahraga.

Sedangkan pada pria, semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk aktivitas secara fisik setiap hari, semakin baik peluang mereka mencapai usia tua. Sebanyak 39 persen pria yang melakukan aktivitas fisik 90 menit sehari lebih mungkin mencapai usia 90 tahun dibandingkan mereka yang melakukan kurang dari setengah jam. Studi ini juga menyimpulkan setiap setengah jam tambahan aktivitas fisik per hari meningkatkan peluang pria mencapai usia 90 tahun hingga lima persen. Kegiatan fisik ini termasuk kegiatan mengajak anjing berjalan, berkebun, olahraga, dan bersepeda ke tempat kerja.

Aktivitas bersepeda juga bisa membuat seseorang berusia lebih lama. Via timesindonesia.co.id

Bersepeda sendiri pun memang diketahui bisa memperpanjang usia seseorang, seperti dilaporkan oleh laman Liputan6.com. Bersepeda mampu membuat kekebalan tubuh tetap terjaga, dan bahkan sampai di atas usia 80 tahun. Orang dengan usia antara 55 hingga 80 tahun yang bersepeda secara teratur menunjukkan tingkat sel T lebih tinggi. Sel T merupakan faktor yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sel T pada orang dari kelompok usia tadi yang sering bersepeda akan lebih tinggi dibandingkan mereka yang berusia antara 20 hingga 36 tahun, namun malah tidak aktif berolahraga.

“Penelitian kami jadi bukti kuat mendorong orang olahraga teratur sepanjang hidup mereka,” ucap Janet Lord, profesor Universitas Birmingham, Inggris. Nah, jangan lupa olahraga ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Ngaku Sayang Sama Bumi, Jika Belum Lakukan Langkah Sederhana Ini!

5 Negara Ini Ternyata Tidak Punya Bandara! Manakah Saja?