in ,

Wajib Coba! 5 Makanan Ini Ampuh Mengatasi Asam Lambung

CakapCakap – Asam lambung tinggi bisa disebabkan karena tidak dapat mengatur pola makan dengan baik. Adapun gejala yang muncul terkadang sangat menyiksa si penderita seperti nyeri pada ulu hati hingga sensasi panas di bagian dada sampai ke tenggorokan. Ada beberapa jenis makanan serta minuman untuk meringankan gejala asam lambung yang bisa Cakap People manfaatkan.

Apa sajakah itu? Berikut kelima bahan tersebut.

1. Semangka

Semangka. Gambar oleh ExplorerBob pada Pixabay

Semangka adalah salah satu buah yang banyak digemari lantaran rasanya yang manis dan banyak mengandung air sehingga cocok untuk megusir dehidrasi. Semangka memiliki kadar asam yang rendah dan bagus untuk mengurangi resiko asam lambung yang diderita.

Konsumsi semangka juga baik dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung serta bagus untuk mengatasi nyeri otot. Ragam manfaat semangka yang hebat tersebut tidak lepas dari kandungan sehat yang ada pada buah ini.

2. Nasi cokelat

Nasi cokelat bisa jadi pilihan atasi asam lambung naik. Gambar oleh smilingpixell pada Pixabay

Makanan untuk mengatasi asam lamsung selanjutnya adalah nasi cokelat. Jenis nasi ini sangatlah baik untuk penderita asam lambung. Nasi cokelat sendiri membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa dicerna ke dalam lambung.

3. Jahe

Jahe. Gambar oleh Couleur pada Pixabay

Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dicampurkan kedalam masakan, jahe juga menjadi bahan minuman yang digemari. Salah satu manfaat jahe adalah bagus untuk mengatasi asam lambung.

Gunakan 1 atau 2 sendok bubuk jahe untuk mengatasi asam lambung. Kamu juga bisa langsung mengonsumsinya atau dikunyah agar hasil lebih maksimal dalam mengatasi iritasi lambung atau pemicu asam lambung.

Meski bagus, untuk tubuh namun konsumsi jahe berlebihan tidaklah baik bagi kesehatan. Inilah kenapa, gunakan jahe dengan takaran yang pas untuk hasil yang bagus.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun. Gambar oleh congerdesign pada Pixabay

Tubuh membutuhkan asupan lemak, namun beberapa kandungan lemak dalam makanan justru membuat asam lambung menjadi lebih parah. Untuk itu, pilihlah minyak zaitun dibandingkan dengan mentega atau margarin saat memasak.

5. Kentang

Kentang. Gambar oleh JamesHills pada Pixabay

Sayur satu ini termasuk jenis umbi-umbian yang mempunyai karbohidrat dan serat kompleks yang bagus bagi lambung. Akan tetapi, sebaiknya tak memasak kentang dengan bawang. Sebab akan menyebabkan efek iritasi.

Asam lambung merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena bisa menimbulkan rasa sakit yang menyiksa. Jika Cakap People mengalami gangguan kesehatan ini, ada baiknya menggunakan makanan di atas sebagai langkah sehat untuk mengatasi asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Susah Tidur Semalaman? Bisa Jadi 3 Makanan Ini Penyebabnya

Genius! Ide-Ide Startup Unicorn ini Berawal dari Hal ‘Receh‘