in ,

Jangan Panik! Ini Langkah Jitu Menghadapi Pecah Ban saat Kendaraan Melaju

CakapCakap Cakap People, musibah di jalan itu memang tidak bisa diprediksi sama sekali. Hal demikian akan membuat pengemudi kendaraan merasa panik saat mengalami kejadian tak terduga. Sebut saja alami keserempet oleh kendaraan lain, sampai mengalami pecah ban saat kendaraan melaju.

Kejadian yang datangnya tiba-tiba ini tentu tidak bisa diprediksi sebelumnya. Meski begitu, kejadian apes ini tak boleh membuatmu panik dan hilang kontrol. Apalagi saat dalam keadaan kemudikan kendaraan sendirian.

Nah, sebagai antisipasi menghadapi hal tak terduga seperti ini, sebaiknya Cakap People simak langkah jitu menghadapi pecah ban.

1. Jangan panik

Pecah ban via Okezone.com

Kepanikan saat mendengar ban meletus pada kendaraan pasti akan terjadi. apalagi dibarengi dengan mobil yang terasa oleng. Hal ini wajar seketika terjadi, namun tak boleh berkepanjanga. Segera kuasai keadaan dan jangan panik. Dengan begitu akan membuat Cakap People bisa berpikir untuk ambil langkah tepat berikutnya saat alami kejadian itu.

2. Jangan injak rem

Ilustrasi injak rem kendaraan via Lampost.co

Kenapa tidak disarankan untuk menginjak rem? Ini bukan berarti tak dibolehkan sama sekali. Maksudnya di sini adalah usai menguasai kepanikan, segera ambil langkah mengerem kendaraan secara perlahan. Tujuan pengereman secara perlahan ini agar tak membuat kejutan baru kendaraan saat pecah ban.

3. Genggam setir

Kemudikan setir via Unsplash/ Simon Acquaroli

Langkah selanjutnya, Cakap People sebaiknya tetap standbye menggenggam kemudi mobil. Hal ini untuk mempertahankan laju kendaraan tetap stabil dan lurus. Posisikan tangan saat pegang setir seperti arah jarum jam 09.00 dan 03.00 sebagai langkah melindungi diri dari kemungkinan pecah ban lebih parah. Selalu perhatikan juga kondisi lalu lintas sekitarmu dan nyalakan lampu sein untuk bersiap menepi.

4. Cari tempat berhenti

Tepikan kendaraan saat pecah ban via Unsplash/ Why Kei

Usai trunkan kecepatan dan mengerem untuk memposisikan mobil berhenti, segera nyalakan lampu hazard sebagai tanda mobilmu tengah bermasalah. Segera bengkel atau orang yang bisa menolongmu saat itu.

Kesimpulannya, Cakap People hindari panik berkepanjangan saat pecah ban terjadi. Karena kejadian tak terduga ini bisa terjadi kapan saja,sehingga tak ada salahnya mempersiapkan diri jika suatu saat mengalaminya. Semoga ini bisa mengedukasi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren, 4 Aplikasi Smartphone Ini Bisa Atasi Internet Lemot

Antartika Jadi Titik Terdingin di Bumi, Berapa Suhunya?