in

5 Hal Ini Jadi Bukti Manajemen Keuanganmu Buruk

Cakapcakap – Berapa pun upah yang kita terima harus senantiasa kita syukuri ya Cakap People. Terlepas upah tersebut besar atau kecil nominalnya. Sebab, kita harus selalu bersyukur atas apa yang kita peroleh. Lantaran, tak semua orang bisa mendapatkan apa yang kita miliki saat ini. Bersyukurlah jika kini kamu masih memiliki pekerjaan. Karena di luar sana masih banyak orang yang belum mendapatkannya.

Maka dari itu, jangan menghamburkan uang hasil dari jerih payah yang kamu lakukan. Mungkin kamu memerlukan sedikit apresiasi atas kerja keras tersebut. Sehingga kamu memilih untuk menggunakannya demi menumbuhkan semangat dalam dirimu. Tetapi bukan berarti kamu harus bersikap boros. Yakin jika selama ini kamu tak menerapkan pola konsumtif? Cek list berikut ini, jika kamu merasa memiliki salah satu poin berikut maka tandanya manajemen keuangan kamu terbilang buruk!

1. Jadwal menabung yang tak rutin

Waktu menabung yang tidak tetap via Ekonomi.kompas.com

Yakin sudah menabung secara rutin? Coba kamu mulai menghitung kembali, berapa sekiranya nominal yang kamu sisihkan untuk menabung. Ritme dari menabung pun perlu kamu perhatikan. Paling tidak sisihkan sebesar 10 persen gaji bulanan untuk menabung. Hal tersebut perlu dilakukan agar di masa mendatang saat kamu butuh uang tak kelimpungan mencarinya.

2. Tak mencatat pengeluaran

Biasakan untuk hidup lebih disiplin lagi ya! Terlebih perkara keuangan. Sebab, kebutuhan finansial akan senantiasa menanjak nantinya. Apabila kamu tak mengaturnya dengan baik, maka bisa-bisa gaji bulanan kamu akan hanyut begitu saja. Uang laksana air, jika digenggam akan mengalir begitu saja. Sehingga untuk menyiasati-nya kamu memerlukan pencatatan, baik untuk pengeluaran maupun pemasukan. Terkadang kamu terlalu asyik belanja hingga akhirnya melupakan nominal uang yang telah kamu gelontorkan.

3. Adanya tagihan kartu kredit yang lebih besar dibanding gaji

Jumlah kartu kredit yang terlalu banyak via Womanandlaw.16mb.com

Mayoritas orang berpikir jika kartu kredit merupakan solusi atas masalah keuangan. Padahal, jika kamu memiliki tagihan kartu kredit yang lebih besar atau setara dengan gaji yang kamu peroleh, maka artinya manajemen keuangan yang kamu terapkan perlu dipertanyakan dan dikoreksi kembali.

4. Tak pernah menyisihkan uang untuk orang tua

Tindakan menyisihkan uang ini tak hanya bermanfaat bagi kita saja lho! Melainkan juga berguna bagi orang tua. Bagaimana pun juga kita memiliki orang tua yang wajib kita jamin kehidupannya. Sehingga kamu harus menyisihkan gaji bulananmu untuk mereka. Sudahkah kamu melakukannya?

5. Gemar membeli barang baru

Hobi belanja barang baru via Nakita.grid.id

Jika menanggapi perihal fashion, maka seolah tak akan ada habisnya sebab akan selalu hadir aneka fashion dengan trend dan model yang baru. Hal inilah yang wajib kamu hindari. Sebaiknya jangan terlalu menuruti hawa nafsu untuk belanja barang-barang yang tak dibutuhkan. Hal ini akan menjadikan keuangan kamu semakin menipis.

Di antara 5 poin di atas, adakah yang kamu lakukan Cakap People? Jika kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, maka artinya kamu perlu melakukan perbaikan pada konsep finansial yang kamu terapkan. Selagi masih muda, kita harus mengendalikan lajunya uang bulanan. Agar di masa mendatang kita dapat menerapkan manajemen keuangan yang jauh lebih baik.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 Sinyal yang Dikirimkan Kulit Mengenai Konsumsi Makananmu

Lembah Rumbia Jeneponto Tawarkan Eksotisme Pelangi Pagi