in ,

3 Cara Mudah Sarapan Yogurt yang Bisa Bikin Kamu Kenyang Sampai Makan Siang

Pernahkah kamu tiba-tiba mendengar perut kamu keroncongan hanya satu jam setelah kamu duduk untuk menikmati sarapan.

CakapCakapCakap People! Yogurt biasanya menjadi salah satu menu sarapan sehat. Tapi apa jadinya jika kamu tiba-tiba mendengar perut kamu keroncongan hanya satu jam setelah kamu duduk untuk  menikmati sarapan. Semangkuk yogurt kamu mungkin kehilangan beberapa komponen utama. 

Keseimbangan serat, protein, dan lemak sehat dapat membuat kamu kenyang sampai makan siang, jadi cobalah tiga tips ini saat kamu sarapan dengan semangkuk yogurt yang lebih baik dan menjauhkan kamu dari rasa lapar, seperti dilansir melalui laman Live Strong, Kamis, 23 Januari 2020:

1. Berilah Topping Dengan Serat Tinggi

Ilustrasi | Foto: Live Strong

Nutrisi ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan keteraturan pencernaan dan dapat meningkatkan rasa kenyang. Ya, itu serat. Serat adalah jenis karbohidrat yang ditemukan dalam sayuran dan biji-bijian, menurut FDA, dan teksturnya yang seperti gel membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga akan kamu kenyang lebih lama.

Idealnya, kamu ingin mendapatkan sekitar 25 gram serat per hari dan dengan menambahkan beberapa topping berserat tinggi ke yogurt sarapan adalah cara yang bagus untuk tetap kenyang sepanjang pagi. Buah seperti raspberry (8 gram serat per cangkir), pir (5,5 gram per buah) dan apel (4,4 gram per apel) adalah rendah kalori namun sarat serat.

2. Pilih Yogurt Protein Tinggi

Ilustrasi | Foto: Pixabay

Protein adalah nutrisi pembangkit tenaga lain yang penting untuk tetap kenyang sampai makan siang. Meningkatkan asupan protein juga akan memberi kamu lebih banyak energi dan mungkin memiliki efek positif pada komposisi tubuh kamu, demikian menurut sebuah studi pada Agustus 2012 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition. Dengan kata lain, itu mungkin hanya membantu kamu menurunkan berat badan.

Tetapi untuk protein, tidak semua yogurt dibuat sama. Jika kamu memilih yogurt Yunani, biasanya total proteinnya jauh lebih tinggi daripada yogurt tradisional, menurut International Food Information Council Foundation. Yogurt juga mengandung probiotik, yang memberi makan bakteri baik di usus kamu dan menjaga sistem pencernaan kamu tetap sehat.

3. Jangan Lupa Asupan Lemak Sehat

Ilustrasi | Foto: Pixabay

Bonnie Taub-Dix, RD menjelaskan, lemak sehat adalah makronutrien lain yang tidak boleh kamu abaikan dari sarapan jika kamu ingin mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Sebaiknya memprioritaskan lemak sehat dan tidak jenuh, karena dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol, meredakan peradangan dan menstabilkan irama jantung, menurut Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

Memilih yogurt rendah lemak dan non-lemak tidak hanya bisa membuat kamu kenyang tetapi juga meningkatkan penyerapan vitamin tubuh. Vitamin A, D, E dan K dikenal sebagai nutrisi yang larut dalam lemak, yang berarti mereka membutuhkan lemak untuk larut dan diserap oleh tubuh, menurut National Cancer Institute. 

Jadi, mengonsumsi sedikit lemak saat sarapan dengan yogurt Yunani yang tidak berlemak dapat memberi kamu lebih banyak nutrisi untuk tubuh kamu.

Taub-Dix juga suka menambahkan yogurt dengan kacang-kacangan mentah untuk menambah kadar lemak. Almond, hazelnut, dan pecan adalah beberapa pilihan bagus untuk dipertimbangkan. Biji-bijian juga bisa menyumbangkan lemak tak jenuh yang sehat, jadi jangan ragu untuk menaburkan biji bunga matahari, chia, atau rami juga di atas yogurt sarapan kamu.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Olahraga untuk Tulang Belakang Yuk, Mudah lho Dipraktikkan

Pusing Ditanya Kapan Hamil? Cara Ini Bantu Kamu Menghadapinya