in

Sulit Tidur Tanpa Kipas Angin, Ternyata Ini Sebabnya

CakapCakap – Tiap orang memiliki cara masing-masing agar dapat tidur dengan nyenyak. Salah satu kebiasaan orang yang umum ialah tidur dengan kipas angin semalaman suntuk. Bahkan jika tak ada kipas, maka mereka tak akan bisa tidur. Lantas, apa sebabnya, Cakap People? Ternyata salah satu sebabnya adalah lantaran kipas angin dapat membuat suhu ruang jadi lebih sejuk.

Selain itu, suhu tubuh manusia umumnya berada di kisaran 36,5 derajat Celcius serta akan menurun sebesar 1 hingga 2 derajat kala malam tiba. Oleh karena itu, jika kamu kepanasan maka kamu akan merasa sulit untuk tidur. Namun, selain alasan tersebut juga masih ada alasan lain lho yang mendasari seseorang tak bisa tidur nyenyak tanpa adanya kipas.

Sleep Spindle

Sleep spindle via malcolmrcampbell.com

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Current Biology menjelaskan jika orang yang terjangkit oleh sleep spindle ini akan memiliki kemungkinan guna meredam suara-suara yang bising. Bahkan kemampuan yang mereka miliki lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah terjangkit sleep spindle. Perlu kamu ketahui, jika kemampuan tersebut dipengaruhi talamus, yang merupakan bagian dari otak yang fungsinya untuk memberikan sinyal sensoris serta motorik. Hubungannya dengan tidur, kewaspadaan dan kesadaran.

Suara mesin kipas angin membuat tidur lebih pulas

Suara mesin kipas angin membuat tidur lebih pulas via womantalk.com

Percaya atau tidak, namun ada tipikal orang yang benar-benar butuh kipas angin agar dapat terlelap. Bahkan, walaupun udara sedang dingin ia akan tetap memutar kipas. Mengapa? Beberapa orang meyakini jika suara dari mesin kipas angin dapat membantu mereka untuk tidur pulas.

Seorang ahli tidur yang bernama Kelsey Allan menjelaskan, jika mereka yang biasa tidur menggunakan kipas angin maka merasakan sensasi yang dikenal dengan nama white noise. Sensasi ini sama dengan cahaya putih yang melingkupi semua warna di spektrum. Sebenarnya white noise ini tak hanya dihasilkan dari listrik saja. Melainkan suara-suara lain seperti hujan lebat hingga suara hewan sejenis jangkrik pun bisa memberikan dampak yang senada. Dampak tersebut kemudian memberikan rasa nyaman pada manusia yang kemudian membantunya untuk tidur nyenyak.

Kebiasaan tiap orang memang berbeda, mungkin kamu salah satunya. Namun, menyalakan kipas angin secara terus-menerus juga tak baik lho bagi kesehatan Cakap People. Sehingga akan lebih baik jika kamu mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Apalagi, suhu tubuh dapat menurun ketika semalaman suntuk menyalakan kipas angin.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Jarang Disadari! Ternyata Inilah 4 Pemicu Sikap Boros

5 Destinasi di Manado yang Cocok Dijadikan Jujugan Liburan