in ,

Selain Diabetes, 3 Masalah Kesehatan Ini Bakal Mengintai Jika Konsumsi Gula Berlebihan!

CakapCakap – Rasanya hampir setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari pasti mengandung gula. Mulai dari makanan pokok seperti nasi, hingga aneka camilan yang terdiri dari es krim, soda hingga permen. Lantas, sudah tahukah Cakap People jika sebenarnya konsumsi gula berlebih tak begitu disarankan?

Akibat berlebihan dalam mengonsumsi gula maka seseorang bisa terkena penyakit. Tak hanya penyakit diabetes, melainkan ada jenis penyakit lain yang bisa menyerang kamu apabila mengonsumsi gula secara berlebihan. Lantas, apa saja penyakit tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Obesitas

Berakibat obesitas via Hellosehat.com

Berikut termasuk masalah kesehatan yang terbilang banyak dialami oleh orang. Sebenarnya gula dapat menjadikan sistem kontrol terhadap nafsu makan seseorang menjadi mati. Alhasil saat sekali kamu mengonsumsi makanan maupun minuman manis maka seolah tak bisa berhenti untuk mengonsumsinya. Akhirnya yang terjadi kalori terus bertambah dalam tubuh hingga melebihi batas normal. Jika kebiasaan berikut kamu lanjutkan maka lonjakan berat badan ekstrem bisa terjadi. Kamu pun dapat mengalami obesitas atau kegemukan. Apabila ingin mengonsumsi makanan atau minuman bercita rasa manis maka sebaiknya pakai pemanis yang rendah kalori.

2. Alzheimer

Akibat konsumsi gula berlebih via Hellosehat.com

Sudah tahu apa itu penyakit alzheimer? Berikut merupakan jenis penyakit degeneratif yang dapat membuat sel otak hilang serta mengalami sinapsis atau persimpangan antar sel otak. Akibat terjadinya keadaan tersebut maka seseorang akan mengalami daya ingat yang menurun, perubahan perilaku hingga kemampuan berpikir yang mengalami penurunan. Apabila penyakit ini mulai parah maka kemungkinan pasien tak bisa lagi melakukan aneka aktivitas tanpa dibantu orang lain.

Menurut peneliti yang berasal dari University of Bath, Inggris menuturkan jika ada fakta yang menyebutkan apabila terlalu banyak glukosa bisa menjadikan enzim penting dalam otak rusak. Padahal fungsi enzim tersebut untuk merespon peradangan yang ada. Jika sel otak lebih mudah mengalami peradangan maka bisa mengakibatkan alzheimer. Tetapi untuk hasil lebih akurat maka masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Penyakit Jantung

Berujung sakit jantung via Mediskus.com

Ternyata makin banyak konsumsi gula tambahan yang kamu lakukan maka akan berdampak pada peningkatan risiko terkena penyakit jantung. Lantas, apa hubungannya konsumsi gula dengan penyakit jantung? Dampak yang terjadi memang tak secara langsung, tetapi masih bisa saling berhubungan. Di mana konsumsi terlalu banyak gula bisa menjadikan kinerja hati lebih keras. Sedangkan hati merupakan organ yang bisa melakukan metabolisme gula berlebih supaya dapat diubah karbohidrat jadi lemak. Apabila kebiasaan konsumsi gula berlebih ini tak segera disudahi maka dapat menjadikan masalah perlemakan hati atau fatty liver. Perlemakan hati itulah yang dapat membuat risiko penyakit jantung meningkat.

Nah mengingat kelebihan gula bisa memicu beberapa penyakit seperti di atas maka ada baiknya apabila Cakap People mulai membatasi konsumsi gula. Selain itu, imbangi pula dengan pola makan yang sehat serta melakukan aktivitas olahraga supaya gula bisa diubah jadi kalori dan kalori dapat dibakar dengan baik. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Negara Ini Dianggap Paling Murah Untuk Traveling, Kok Bisa?

Paling Banyak Diunduh, Whatsapp Menjuarai Tangga Dunia