in ,

Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Beberapa Komponen Mesin Berikut Ini!

CakapCakap – Mobil merupakan suatu moda transportasi yang saat ini tak mustahil lagi untuk dimiliki semua orang. Sebab selain bisa membeli mobil dalam kondisi baru, Cakap People juga dapat membeli mobil bekas. Tentu, mobil bekas memiliki harga yang lebih ramah di kantong. Namun, yang namanya bekas maka berarti mobil tersebut pernah dipakai oleh orang lain.

Sehingga, kamu perlu memerhatikan beberapa komponen yang ada di dalamnya. Sebab, kamu tak tahu bagaimana pemilik sebelumnya merawat mobil tersebut. Sehingga, untuk memastikan jika mobil tersebut masih berfungsi dengan baik, maka kamu dianjurkan untuk mengecek beberapa komponen mesin berikut ini!

1. Lihat asap kendaraan

Perhatikan asap yang keluar via Mobil123.com

Hal ini tampaknya cukup mudah untuk di logika. Sebab, asap kendaraan yang berwarna bening maka akan memiliki mesin sehat. Berbeda dengan mobil bekas yang punya asap hitam maupun putih, pasti ada masalah pada mesinnya.

2. Cek sambungan dari kebocoran

Lihat komponen sistem steering via Money.id

Mobil memiliki aneka komponen yang membentuk sistem, antara lain berupa sistem steering serta pendingin. Kamu bisa mengetahui apakah mobil masih bagus atau tidak berbekal sambungan antar selang. Hal tersebut guna mendeteksi kebocoran. Apabila terdapat rembesan maka sambungan bocor. Namun jika sambungan berada dalam kondisi kering, maka tak ada kebocoran fluida pada mesin. Alhasil dapat dibilang jika mesin mobil bekas dalam keadaan sehat.

3. Tingkat kebersihan mesin

Perhatikan kebersihan mesin via News.okezone.com

Berikut ini merupakan upaya agar kamu bisa mengetahui kondisi mesin. Caranya, dengan melakukan pengecekan pada kebersihan mobil tersebut. Perhatikan secara mendetail kebersihannya. Umumnya di bagian kepala silinder akan terdapat bercak yang terbilang sulit untuk dihilangkan. Bercak tersebut muncul akibat uap baterai yang terkena head cylinder.

Selain itu, kamu juga harus meninjau bagian baterai. Apabila ada kerak yang menutupi bagian baterai maka dapat dipastikan jika pemilik mobil sebelumnya kurang mengerti akan perawatan mesin pada mobil. Perlu kamu pahami jika kerak di mesin harus dihilangkan, sebab bisa menyebabkan putaran pulley yang terhubung pada belt terpengaruh. Sehingga bisa terjadi potensi belt serta slip putus.

4. Mendengar suara mesin mobil

Dengarkan suara mesin mobil via Futuready.com

Untuk apa tujuan mendengarkan mesin mobil? Agar kamu bisa menilai akankah mobil tersebut punya mesin yang bagus atau tidak. Sebab, jika mobil dalam kondisi baik maka suara mesinnya akan stabil serta tenang. Berbeda dengan kondisi mobil yang bersuara mesin kasar. Maka kemungkinan ada kendor di bagian rantai timming atau kebocoran di komponen kompresi.

5. Tinjau stick oli

Cek bagian stick oli via Ventasanjaya.blogspot.com

Lihatlah kualitas dan volume oli yang terdapat pada mesin mobil. Apabila oli memiliki warna hitam yang pekat, maka perlu diganti. Namun, jika warnanya bening artinya oli dalam keadaan yang baik.

Alternatif cara di atas cukup mudah bukan Cakap People? Kamu bisa melakukan pengecekan di atas sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Hal ini dikarenakan mobil bekas pernah digunakan oleh orang lain. Sehingga, kamu perlu memastikan jika mesin mobil dalam kondisi baik sebelum membelinya. Membeli mobil bukan hanya bagian luar atau eksteriornya saja yang diperhatikan. Melainkan bagian mesin dan komponennya pula. Desain mobil bagus namun mesin kurang baik untuk apa dibeli? Pasti nantinya hanya akan menimbulkan masalah seperti mudah mogok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Konsumsi Serangga Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan lho, Bahkan Dianjurkan!

3 Tanda jika Kamu Punya Perjalanan Karier yang Buntu!