in

Format Video Populer yang Sering Dijumpai Penggiat Multimedia

Di era multimedia yang canggih ini, kita udah bisa menikmati beragam video melalu berbagai macam perangkat di manapun dan kapan pun sesuka kita. Penyedia konten pun siap memberikan pilihan-pilihan dari format videonya biar lebih mudah diputar di berbagai perangkat berbeda. Kalo kamu suka mengoleksi video- video dari berbagai sumber digital, udah pasti kamu bakal nemu format video yang bermacam-macam. Beberapa diantaranya cukup populer sedangkan lainnya hanya bisa diputar di perangkat tertentu. Ini dia 5 format video populer di perangkat multimeda

Tapi apakah kamu tahu bahwa setiap film atau video memiliki format/ekstensi yang berbeda-beda, tergantung dimana kamu mendapatkannya dan siapa yang menyediakannya. Maka dari itu, melalui artikel berikut, kami akan jelaskan kepada kamu, ekstensi video apa saja yang populer dan apa kelebihan dari masing-masing ekstensi tersebut.

1. MP4

Format video MP4 via http://shareicon.com

Saat ini banyak perangkat multimedia yang menjadikan MP4 sebagai format utama setelah sukses digunakan oleh Youtube. Jadi kalo kamu download video dari Youtube, maka format yang otomatis terpilih adalah MP4 ini. Selain punya resolusi yang cukup besar, ukuran file dari video berformat MP4 ini jauh lebih kecil.

2. MKV

Format video MKV via http://eltima.com

Para penggiat multimedia yang sering mengunduh film-film dari situs penyedia film pastinya akan menemukan video berformat MKV ini. Matroska Video ini punya ukuran file yang kecil tapi resolusi video yang cukup bisa diandalkan karena kadang berasal dari keping Blueray. MKV juga sering memudahkan para penikmat film untuk memunculkan subtitle yang didapat secara terpisah tapi bisa sinkron dengan videonya.

3. AVI

Format AVI via http://icons.com

Format video AVI ini bisa dibilang sebagai pelopor format video yang digunakan oleh banyak penggiat multimedia. Beberapa kamera perekam awalnya mengadopsi format ini dan software editing video yang menjadikan AVI sebagai hasil akhir dari render file-nya. AVI adalah format yang diciptakan Microsoft dengan kombinasi codec DivX dan XVID untuk memuluskan pemutarannya.

4. 3GP

Pengguna ponsel di era 2000-an pasti sangat familiar dengan format video 3GP ini. Ya memang video berformat 3GP adalah video yang dihasilkan dari kamera ponsel karena memiliki ukuran file yang cukup kecil dan resolusi video yang kurang bagus mengikuti teknologi kamera yang pada waktu itu kurang bisa diandalkan jika dibandingkan dengan kamera ponsel saat ini.

5. MPEG

Format MPEG via http://lifewire.com

Format video MPEG populer karena menjadi format utama dari VCD dan DVD. Jadi setiap kali kamu punya keping DVD atau  VCD, udah pasti format video yang ada di dalamnya dala MPEG. Dengan ukuran file yang cukup kecil namun juga video beresolusi yang pas-pasan hanya mumpuni untuk diputar di televisi di era 2000-an.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Makanan Alami yang Menambah Stamina Bercinta

Psikolog Ungkap Menyetir Mobil Sambil Dengarkan Lagu Mellow Undang Bahaya