in ,

Salah Olah Bisa Hilangkan Nutrisi, Begini Cara Memasak Sayuran yang Benar

CakapCakap – Sayuran merupakan produk alam yang menyehatkan. Sayur menjadi menu masakan dengan beragam kandungan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Sayangnya nutrisi dalam sayuran seringkali hilang akibat cara pengolahan keliru yang kerap terjadi lho, Cakap People.

Lantas bagaimana cara mempertahankan kandungan sayuran agar tetap terjaga saat diolah? Untuk menjaga nutrisi sayur agar tetap terjaga, anda bisa lakukan beberapa langkah berikut ini Cakap People.

Gunakan sedikit air

Ilustrasi kreasi sayur bayam via Hellosehat.com

Mengolah sayuran sebaiknya dilakukan dengan memasukkan sedikit air. Merebus dengan air yang terlalu banyak bisa merusak nutrisi di dalamnya. Setelah memasukkan sedikit air, anda juga harus menggunakan api yang kecil saat mengolah sayur tersebut.

Hindari memotong sayur kecil-kecil

Potongan sayur via Okezone.com

Tips memasak sayuran selanjutnya adalah dengan memotongnya dengan ukuran sedang atau besar. Hindari memotong sayuran menjadi potongan kecil karena kandungan nutrisinya bisa saja hancur saat bersentuhan dengan udara.

Cuci sebelum memotong sayuran

Mencuci sayuran sebelum dipotong via Klikdokter.com

Sebelum memotong sayuran sebaiknya anda cuci terlebih dahulu sayur tersebut hingga bersih. Memotong sayuran terlebih dahulu baru kemudian memotongnya, bisa menghilangkan nutrisi alami dalam sayuran. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan air yang bersih ya.

Segera masak sayur

Memotong sayur via Resepkoki.id

Setelah anda memotong-motong sayuran, ada baiknya sayur segera dimasak. Pasalnya, mineral serta vitamin dalam sayuran bisa terpapar cahaya dan udara yang membuatnya rusak jika terlalu lama didiamkan.

Jangan memanaskan kembali sayuran

Sayur matang sebaiknya tak dipanaskan lagi via Inovasee.com

Sayuran yang telah masak sebaiknya tidak lagi dipanaskan karena bisa merusak struktur kimia serta vitamin di dalamnya.

Beberapa sayur tertentu sebaiknya direbus dengan kulitnya

Sayuran saat dikukus via Liputan6.com

Ada beberapa jenis sayuran tertentu yang sebaiknya anda rebus bersamaan dengan kulitnya. Ragam sayuran tersebut adalah wortel, jahe dan kentang. Setelah direbus, baru kemudian anda hilangkan kulitnya. Merebus dengan kulit membantu nutrisi pada kulit berpindah ke pusat sayur sehingga nutrisi bisa lebih dipertahankan.

Sayuran memiliki banyak keistimewaan di dalamnya. Mengonsumsi sayuran sebaiknya dilakukan setiap hari. Nah, untuk menjaga kandungan nutrisi serta zat baik dalam sayur, Cakap People bisa lakukan beberapa langkah di atas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Realisasi Bonus Rumah Bagi Jawara Asian Games 2018 Mandek, Begini Faktanya

Mengapa Suhu Dibuat Dingin di Dalam Pesawat? Ini Alasannya