in ,

Perut Kembung Saat Olahraga? Kenali Penyebabnya!

CakapCakap – Setiap orang yang melakukan olahraga pasti bertujuan agar bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lalu, bagaimana jika berolahraga, Cakap People malah mengalami masalah kesehatan? Ada banyak gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja, karena salah dalam berolahraga. Penyebabnya bisa bermacam, baik oleh karena salah melakukan gerakan dalam suatu olahraga, salah menentukan waktu yang terbaik untuk berolahraga, atau terlalu memaksakan diri.

Tak sedikit orang yang mengalami perut kembung ketika berolahraga. Via popsci.com

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi ketika berolahraga adalah perut kembung. Tak sedikit orang yang tiba-tiba merasakan kembung ketika berolahraga, sehingga merasa tidak nyaman. Ternyata, kondisi ini lazim terjadi pada siapapun. Namun, tentu tetap perlu mengenali penyebabnya. Menurut ahli nutrisi Cynthia Sass di laman Health.Detik.com, ada berbagai penyebab perut kembung tapi tak terkait dengan efek olahraga. Biasanya karena terlalu banyak udara masuk saat bernapas.

“Sama seperti yang terjadi ketika makan terlalu cepat lalu udara terperangkap,” jelasnya. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh sesi makan yang terlalu dekat dengan waktu berolahraga, terutama jika menutnya adalah makanan mengandung serat, protein dan lemak yang dicerna lebih lama di dalam perut, sehingga bisa membuat perut terasa penuh. Selain itu, pemanis buatan, seperti yang banyak ditemukan pada produk minuman, juga sulit dicerna sehingga membuat terasa penuh lebih lama.

Masalah perut kembung ketika berolahraga terjadi karena cara seseorang dalam bernapas. Via detik.com

Dijelaskan pula oleh profesor ilmu kesehatan di University of California Daniel Geffen pada laman MetroTVNews.com, perut kembung yang terjadi saat berolahraga itu memang terkait dengan soal pernapasan perut, atau bagaimana kita bernapas selama berolahraga. Ketika seseorang pada kondisi lelah atau terengah-engah saat berolahraga, maka beberapa dari udara akan turun ke esofagus yang mengarah langsung ke perut. Inilah yang kemudian menyebabkan perut menjadi terasa kembung.

Kamu bisa melatih diri untuk menghindari perut kembung saat berolahraga dengan berlatih seni pernapasan dalam. Aturan dasarnya adalah untuk bernapas melalui hidung dan keluarkan udara melalui mulut. Rutinitas berolahraga juga akan membantu agar kamu bisa lebih terbiasa ketika menghadapi kondisi kelelahan dan mengatur pernapasan dengan baik. Mari dicoba Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kenalkan! Ini Pebalap Muda Generasi Penerus Schumacher di F1

Ritual Suku Misterius dari Malaysia, Menari untuk Orang yang Sudah Mati!