in ,

Olahraga Jalan Kaki Ternyata Sangat Bagus untuk Daya Ingat

Berjalan kaki punya banyak manfaat bagi kesehatan manusia, termasuk juga kesehatan otak. Via infobekasi.co.id

CakapCakap – Olahraga jadi salah satu aktivitas penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, selain itu ternyata juga masih ada banyak lagi manfaat lainnya dari olahraga secara rutin. Bahkan, mungkin Cakap People tidak menyadari, hanya dengan melakukan olahraga jalan kaki saja ternyata juga sangat bagus untuk kesehatan otak, terutama dalam mempertahankan daya ingat. Sudah banyak penelitian yang membuktikan olahraga dapat memberi manfaat bagi fungsi kognitif.

Berjalan kaki punya banyak manfaat bagi kesehatan manusia, termasuk juga kesehatan otak. Via infobekasi.co.id

Salah satu penelitian, menurut laman Republika.co.id, menunjukkan bahwa berjalan kaki sebanyak 4.000 langkah per hari dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa. Penelitian lainnya juga telah mengungkap fakta baru mengenai pengaruh berjalan kaki terhadap memori kerja visual seseorang. Melalui pemantauan dengan menggunakan electroencephalography (EEG) untuk melihat aktivitas otak, orang berjalan kaki memiliki pengaruh cenderung berbeda bagi memori kerja visual.

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa memori kerja visual berkerja paling baik saat para partisipan bergerak mengayuh sepeda statis maupun berjalan kaki, dibandingkan hanya diam berdiri atau duduk. Gerakan sederhana itu dapat mempengaruhi kinerja kognitif otak baik ketika dilakukan maupun setelah dilakukan. “Meski masyarakat modern telah berevolusi jadi semakin sedentari, otak mungkin tetap melakukan kinerja terbaik saat tubuh bergerak,” kata ketua peneliti Thomas Tollner.

Berjalan kaki bisa memberikan manfaat untuk kesehatan otak, terutama daya ingat. Via klikdokter.com

Sementara itu, menurut laman Okezone.com, penelitian lainnya menunjukkan bahwa ketika berjalan kaki, tubuh manusia akan menghantarkan tekanan gelombang lewat arteri secara signifikan. Secara otomatis, cara ini juga dapat meningkatkan pasokan darah ke otak dengan baik. Berdasarkan studi yang disampaikan oleh peneliti di Amerika Serikat tersebut, sel-sel dari otak manusia memang butuh diremajakan kembali, salah satunya adalah dengan meningkatkan aliran darah ke otak setiap saat.

“Orang dewasa muda jangan malas jalan kaki. Kegiatan ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak dari ujung kaki,” ungkap penelitinya. Lebih lanjut dijelaskannya, jika pasokan darah lancar ke otak, maka oksigen juga akan ikut dengan sendirinya. Dengan begitu, maka akan bisa pula meningkatkan kecerdasan dan daya ingat, serta kesehatan otak. Nah, Cakap People harus biasakan berjalan kaki!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Olahraga Malas-Malasan Malah Bisa Bikin Badan Melar

5 Oleh-oleh Manado yang Paling Ciamik Untuk Dibawa Pulang