in

Nobel Perdamaian untuk Presiden AS saat Akhiri Perang Dunia I

CakapCakap – 98 tahun lalu atau tepatnya tahun 1920, Woodrow Wilson, Presiden ke-28 Amerika Serikat berhasil mendapatkan Nobel Perdamaian. Penghargaan ini dianggap sangat bergengsi di tingkat dunia, karena hanya diberikan kepada orang atau sosok yang menjadi penggerak perdamaian dunia. Nah, Cakap People pasti ingin tahu mengapa Woodrow Wilson mendapatkan penghargaan tersebut. Yuk, simak!

Pada tahun 1914 hingga 1918, terjadi Perang Dunia I antara dua sekutu yang sangat kuat. Blok Sekutu (Entete) yang terdiri dari Perancis, Britania Raya, Kekaisaran Rusia, Italia, Amerika, dan sejumlah negara di Eropa, saling menyerang dengan Blok Sentral yang terdiri dari Kekaisaran Jerman, Austria-Hungaria, Kesultanan Turki Utsmaniyah, dan Bulgaria.

Perang Dunia I menjadi perang antar bangsa yang sangat bombastis, Saat itu, Woodrow Wilson yang merupakan Presiden AS menjadi pencetus “Empat Belas Poin” atau The Fourteen Point, sebuah kesepakatan untuk membentuk organisasi perdamaian dunia. Poin kesepakatan tersebut yang akhirnya mendorong terbentuknya League of Nation atau Liga Bangsa-Bangsa (LBB).

Nobel Perdamaian
https://assets-a1.kompasiana.com/statics/files/14128422351737430532.jpg

LBB telah didirikan setelah Konferensi Perdamaian Paris 1919. Lembaga ini bertugas untuk melucuti senjata, mencegah perang, menyelesaikan pertentangan antar bangsa, kegiatan diplomatis dan negosiasi, hingga menjaga kesejahteraan hidup masyarakat global. Tapi faktanya, organisasi yang dicetuskan oleh Wilson ini malah tidak memasukkan Amerika Serikat sebagai anggotanya, hingga akhirnya LBB dibubarkan secara resmi pada 18 April 1945.

Isi dari The Fourteen Point ini sendiri antara lain solusi praktis dalam membahas batas teritorial antar negara, menciptakan kerjasama, pengurangan produksi senjata, kedaulatan pangan bekas jajahan, dan lainnya. Sumbangsih Wilson memberikan dampak positif bagi dunia, yaitu mendorong berbagai macam aksi damai. Tentunya salah satu yang paling besar adalah inisiasi damai yang akhirnya tercetus di Perang Dunia I antara Perancis, Inggris, dan Jerman.

Woodrow Wilson
https://winstonchurchill.hillsdale.edu/wp-content/uploads/2015/10/Churchill-and-the-Presidents-Woodrow-Wilson-840×430.jpg

Dalam penganugerahan Noble Perdamaian yang diadakan di Norwegia, sayangnya Wilson tidak dapat hadir karena alasan kesehatan. Penyerahan diwakilkan kepada Duta Besar AS di Norwegia, Albert Schmedemen. Albert ketika menerima penghargaan ini menyampaikan pesan khusus dari Wilson yang dikirimkannya melalui telegram. Wilson mengatakan “Saya bersyukur bahwa pemikiran saya diapresiasi. Ini adalah gerakan dari hati untuk mewujudkan perdamaian dan langkah untuk menghentikan horor dari peperangan”. LBB ini juga yang telah mencetuskan terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tapi sayangnya, ketika PBB terbentuk, Wilson sudah wafat pada usia 68 tahun.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Awet Muda di Usia 49 Tahun Ala Ira Koesno? Ini 6 Tips Murah dan Mudahnya

Tahun 1920, Ada 200 Ribu Nyawa Melayang Karena Gempa Gansu