in ,

Masuk Industri Otomotif, NVIDIA Kembangkan Sistem Kendali Mobil Otomatis

CakapCakap – Teknologi dalam dunia otomotif kini telah berkembang dengan sangat pesat. Apalagi dengan masuknya sejumlah perusahaan teknologi dalam industri otomotif global. Cakap People para pecinta otomotif pun tentu sudah pula mengikuti perkembangannya dewasa ini. Nah, kali ini giliran perusahaan graphics card asal Amerika Serikat (AS), NVIDIA yang memperkenalkan sistem kendali mobil otomatis dengan asisten berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

NVIDIA mengumumkan sistem asisten kendali otomatis Drive AutoPilot yang bisa memberikan beragam bantuan mengemudi berbasis teknologi AI. Via nextren.grid.id

NVIDIA mengumumkan sistem asisten kendali otomatis terbaru, Drive AutoPilot ini dalam ajang CES 2019 di Las Vegas, AS, seperti dilaporkan laman Nextren.Grid.id. Sistem ini berfungsi memberikan beragam bantuan mengemudi berbasis teknologi AI, seperti memperlihatkan pemisahan jalur jalan raya, marka jalan, mendeteksi pejalan kaki, dan juga membantu ketika parkir. Selain itu, juga bisa memetakan jalanan yang telah dilewati sebelumnya, misal untuk rute mengemudi secara otomatis.

Tak hanya itu, ada pula fitur monitoring kondisi pengemudi dan mengingatkan ketika bahaya, dan kemampuan personal assistant untuk berkonsultasi soal rute perjalanan. Otak di balik sistem Drive AutoPilot ini adalah platform Drive milik NVIDIA dengan ditenagai SoC bernama Xavier, yang mampu melakukan 30 triliun operasi per detik hanya dengan listrik 30 watt; sistem sumberdaya irit yang sangat penting untuk mobil berbasis listrik. Dua konsumen disebut akan menggunakan sistem ini, yakni penyedia otomotif Jerman, Continental AG dan ZF Friedrichshafen AG; rencananya mulai tahun 2020 nanti.

Mobil SUV produksi 2 perusahaan teknologi raksasa dunia, Renault Samsung XM3 (atas) dan Xiaomi Redmi Car (bawah). Via nextren.grid.id

Selain itu, dua perusahaan teknologi lainnya; Samsung dari Korea Selatan dan Xiaomi asal Cina juga baru saja memasuki industri otomotif. Seperti dimuat laman lain di Nextren.Grid.id, Samsung telah memperkenalkan mobil SUV bekerja sama dengan pabrikan Prancis, Renault. Mobil itu diproduksi di bawah bendera Renault Samsung dengan label XM 3, sebagai kembaran dari mobil Renault Arkana.

Sementara itu, Xiaomi juga meluncurkan mobil SUV dengan nama Xiaomi Redmi Car, namun bekerja sama dengan perusahaan otomotif asal Cina, Bestune dan menggunakan basis mobil Bestune T77 yang dikustomisasi. Jika Renault Samsung XM3 baru akan diproduksi, maka Xiaomi Redmi Car sudah bisa dibeli dengan harga 134 ribu Yuan, atau skeitar Rp 282 juta. Ada Cakap People yang berminat?

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Diam-Diam, Ternyata Samsung Sudah Bikin Mobil SUV Keren Lho!

Tak Banyak Diketahui! Ternyata Samsung Sudah Lama Pernah Bikin Mobil