in ,

Ini Dia 4 Manfaat Bermain Catur Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

CakapCakap – Catur merupakan salah satu permainan yang cukup dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, permainan berikut termasuk olahraga yang menguras pikiran dan menuntut adanya konsentrasi. Pasti Cakap People sudah tak asing lagi bukan dengan permainan catur? Olahraga ini pun memiliki dampak yang cukup baik bagi para pemainnya.

Bahkan, kesehatan otak juga bisa dijaga dengan baik. Alhasil, kamu pun jadi lebih kreatif. Terlebih di kala bermain catur seseorang dituntut untuk punya strategi. Nah, kira-kira apa saja manfaat permainan catur bagi kesehatan? Berikut manfaat yang wajib kamu ketahui!

1. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer via Hellosehat.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan penyakit Alzheimer? Jenis penyakit ini biasa ditandai dengan menurunnya daya ingat. Bahkan terdapat perubahan pada perilaku akibat adanya otak yang terganggu. Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat seseorang mengalami penyakit ini, salah satunya gaya hidup tak sehat. Namun, dengan rutin bermain catur maka kamu dapat mengurangi risiko terkena penyakit berikut. Sebab, saat sedang bermain catur maka otak akan dituntut guna berpikir dan  bekerja. Sehingga kemampuan kerja otak akan meningkat. Bahkan, permainan catur ini juga dapat memberikan rangsangan terhadap otak untuk bekerja dengan aktif.

2. Media melatih otak

Dapat digunakan untuk mengasah daya ingat via Doktersehat.com

Otak tersusun atas dua jenis, yakni otak kanan dan otak kiri. Salah satu cara guna mengasah kemampuan dua sisi otak tersebut ialah dengan bermain catur. Dengan demikian kemampuan otak akan meningkat, baik dalam segi kecerdasan maupun kreativitas. Berbekal sebuah penelitian di Jerman menyebutkan jika saat pemain catur sedang menyusun strategi serta mengidentifikasi posisi bidak catur mereka, maka kedua otak pemain akan bekerja dengan aktif.

3. Melatih konsentrasi

Bermain catur untuk latih fokus via Annunaki.me

Apa jadinya bermain catur tanpa konsentrasi? Oleh karena itu, konsentrasi atau fokus diperlukan guna bermain catur. Sebab, dengan konsentrasi kamu bisa menjegal lawan dan memenangkan permainan. Bagi kamu yang ingin melatih konsentrasi maka dapat mencoba permainan catur.

4. Meningkatkan kemampuan mengingat

Tingkatkan ingatan via Nakita.grid.id

Ketika bermain catur, maka kamu dituntut untuk punya rencana dan strategi yang matang. Jika salah strategi, maka kamu dapat kalah bukan? Maka dari itu, menyusun strategi dalam otak akan membuat memori  terasah tajam. Kamu pun akhirnya punya kemampuan mengingat yang baik tanpa disengaja.

Jadi, bagi Cakap People yang hobi bermain catur maka dapat menggunakannya sebagai media untuk melatih kemampuan otak. Sebab, kedua sisi otak memang wajib diasah dengan baik. Sehingga terdapat kemampuan yang seimbang, antara berpikir dengan kreativitas. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 Tips Agar Tempat Cuci Piring Kembali Mengkilap Seperti Baru!

Berawal dari Cinta Lokasi, 4 Pasang Seleb Korea Ini Akhirnya Menikah!