in ,

Fakta Unik Seputar Suku Melayu To Ugi yang Ada di Sulawesi

CakapCakap – Belum banyak diketahui bila suku Bugis merupakan bagian dari suku-suku Melayu Deutero  yang melakukan migrasi pertama dari daratan Yunan. Mungkin Cakap People salah satunya. Bugis berasal dari kata To Ugi yang berarti orang Bugis. Mereka menjuluki diri sebagai pengikut La Sattumpugi yang merupakan ayah dari We Cudai.

Banyak fakta yang bisa diungkapkan dari suku Bugis ini. Selain tradisinya, banyak juga nilai luhur serta budaya yang masih bernilai positif untuk dilestarikan bagi masyarakat setempat. Beberapa fakta budaya unik yang mereka miliki bisa Cakap People simak dalam penjelasan singkat berikut ini.

1. Adat Istiadat

Wanita Bugis via Dictio.id

Sebagai suku bangsa di Indonesia, Bugis juga mengenal adanya adat istiadat lokal wilayah mereka yang masih diterapkan di beberapa perhelatan tradisional. Misalnya tentang konsep ade, konsep siri yang ternyata memiliki nilai luhur luar biasa dibalik karakter orang Bugis.

2. Kebudayaan Suku Bugis

Adat pernikahan suku Bugis via Ceweker.blogspot.com

Suku Bugis juga mengenal banyak kebudayaan yang masih dipegang teguh oleh masyarakat setempatnya Cakap People. Misalnya pada adat perkawinan, suku Bugis menganut tiga macam tipe perkawinan ideal diantaranya adalah Assialang marola, Assialana memang, dan Ripandeppe Mabelae. Sementara itu ada juga bentuk perkawinan yang dilarang atau salimara.

3. Kesenian Suku Bugis

Kesenian suku Bugis via Makassar.terkini.id

Berbagai tarian suku Bugis juga sudah banyak dikenal masyarakat di luar Makassar dan beberapa kali dipertunjukan dalam perhelatan besar negara. Seperti misalnya tari Pakarena, Tari Paduppa Bosara, Ma’Badong, dan tarian Pa’gellu. Ada juga beberapa tarian lain yang tidak kalah menarik dan menyimpan makna luhur seperti tarian Gandrang Bulo, tari Kipas, serta Mabisshu.

4. Rumah Adat Suku Bugis

Rumah adat suku Bugis via satujam.com

Tidak hanya memiliki tradisi dan budaya kental, suku di Indonesia juga kaya akan berbagai rumah adat yang mewakili daerahnya. Seperti yang tampak dalam rumah adat Suku Bugis-Makassar yang dikenal dengan tiga bagian yaitu Boting Langiq, Ale Kawaq, Buri Liu. Bahkan rumah adat suku Bugis juga mengisyaratkan status sosial penghuninya.

5. Bahasa dan Pakaian Adat  Suku Bugis

Baju bodo menjadi baju adat Bugis via Makassarbaklave.com

Bugis juga memiliki bahasa Ugi yang merupakan bahasa adat yang digunakan suku ini sejak lama. Bahasa Ugi merupakan kekayaan yang dimiliki masyarakat Bugis yang sudah berabad-abad lama digunakan dalam kesusastraan di sana serta termuat dalam berbagai judul lontar.

Sementara itu, suku Bugis juga memiliki pakaian adat tersendiri sebagaimana pakaian adat dari wilayah lain di nusantara yang disebut dengan Baju Bodo. Baju Bodo bahkan disinyalir sebagai busana tertua di dunia lho, Cakap People! Menarik bukan sederet fakta suku Bugis ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-hati! Aplikasi Android yang Merusak Incar Smartphonemu

Cewek Harus Ngerti! Ternyata Begini 5 Sikap Cowok Kalau Lagi Baper