in

Dilakukan Setiap Hari, Kebiasaan Buruk Penggunaan Baterai Smartphone

CakapCakap – Ada banyak pengguna yang mengeluhkan daya baterai smartphone-nya lebih cepat habis dibandingkan dengan produk lain. Cakap People mungkin juga pernah merasakan masalah itu. Kemudian, dengan serta-merta langsung menuduh dan menyalahkan produk smartphone tersebut sama sekali tidak berkualitas. Padahal kesalahan pun bisa terjadi dari cara penggunaannya. Pasalnya, selama ini ada kebiasaan buruk menggunakan smartphone sehingga merusak komponen baterai.

Menurut laman Selular.ID, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari apabila ingin baterai smartphone lebih awet. Salah satunya adalah menggunakan charger yang tidak bawaan. Sering kali pengguna smartphone ketika berada di luar rumah, lalu meminjam charger teman untuk mengecas baterai smartphone, dan ternyata ini bisa merusak. Kemudian, ada pula kebiasaan mengecas baterai smartphone hanya untuk sementara atau tidak sampai full, yang juga bisa cepat merusak baterai.

Kebiasaan lain yang dapat merusak baterai dengan cepat adalah tetap menggunakan smartphone ketika sedang mengecas baterainya. Hal ini akan membuat baterai menjadi panas, dan merusaknya. Padahal sebaliknya pengguna disarankan untuk selalu menjaga temperatur smartphone pada kondisi normal. Maka itu pula, jangan pernah membiarkan smartphone dicas hingga daya berlebihan selama berjam-jam. Selain itu, upayakan untuk mematikan smartphone selama beberapa jam setiap hari.

Mengisi daya baterai smartphone harus dilakukan dengan cara yang benar agar bisa bertahan lebih awet via Pricebook.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui kondisi baterai smartphone, sebelum bermasalah atau mengalami kerusakan? Memang perlu juga untuk sesekali mengecek kondisi baterai smartphone yang kamu pakai, agar bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan dan merawatnya. Menurut laman Liputan6.com, aplikasi Repair Battery Life PRO bisa memungkinkan pengguna smartphone Android untuk mengecek ‘kesehatan’ baterainya. Bahkan, juga bisa memperbaikinya dalam kondisi tertentu.

Tersedia fitur utama, yakni ‘Repair’ untuk melakukan perbaikan kecil dengan cara mengidentifikasi kondisi sel-sel baterai. Lalu, fitur ‘Tools’ untuk membantu menaikkan kembali performa baterai, dan fitur ‘Information’ untuk mengetahui kondisi terkini dari baterai, seperti daya, arus, voltase hingga suhunya. Namun, tetap saja cara yang benar dalam menggunakan smartphone jauh lebih penting untuk menjaga keawetan baterai smartphone kamu. Nah, Cakap People harus mulai biasakan ya! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata Perut Ramping Dipengaruhi oleh Cara Berjalan Sebagai Olahraga

Sering Bawa Gadget ke Toilet? Ini Bahaya yang Mengancam!