in ,

Deretan Camilan Enak Ini Rendah Karbohidrat

Bagi kita orang Indonesia, sulit rasanya hidup jauh dari camilan. Berbagai jajanan tradisional yang menyebar dari Sabang hingga Merauke pada dasarnya ditemukan sebagai bentuk camilan; sebagai penghangat di cuaca dingin, dan juga pereda panas siang hari yang begitu terik. Hanya saja, dewasa ini cukup sulit menemukan jajanan tradisional karena minat masyarakat banyak bergeser ke camilan kontemporer yang konon lebih ‘ringan’ dan dibuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh di perkotaan. Tapi, apakah semua camilan modern alias kontemporer benar-benar ‘ringan’? Lebih jauh lagi, apakah camilan itu cukup bergizi untuk dimasukkan ke dalam tubuh kita?

Salah satu karakteristik utama camilan kontemporer adalah tingginya kadar karbohidrat. Ya, dibanding jajanan tradisional atau jajanan pasar, camilan kontemporer tidak hanya kaya bahan pengawet, tapi juga cenderung hanya berisi satu zat gizi saja, yakni karbohidrat. Ini dapat dengan mudah ditemui, mulai dari smoothies, aneka jenis keripik hingga gorengan. Jika ini diteruskan, maka kesehatan kamu bisa terancam karena konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Sesuatu yang sifatnya akumulatif hanya bisa terasa setelah jangka waktu lama.

So, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika kamu fokus mengubah kebiasaan ngemil camilan tinggi karbohidrat dan beralih ke menu yang lebih menyehatkan dan rendah karbohidrat. Apa saja itu? Simak daftar berikut.

Apel dan keju

Kombinasi apel dan keju via https://d1bjorv296jxfn.cloudfront.net/s3fs-public/styles/recipes_header_image/public/recipe-images/sargento/Apple-Nut%20Cheese%20Snack%20-%20(1939)%20.jpg?itok=x6yjq_ij

Siapa yang bisa menolak kombinasi rasa manis dan gurih dari campuran apel dan keju? Kamu bisa mencobanya dengan mudah di rumah. Caranya gampang. Cukup campurkan potongan apel dengan parutan keju. Dari menu ini kamu masih mendapatkan 10 gr karbohidrat di samping protein, lemak dan serat.

Alpukat

Alpukat kaya lemak nabati via http://cdn.newsapi.com.au/image/v1/41ea714bd666f84896a48e684c3f4033

Buah yang satu ini memang kaya lemak nabati. Tapi, siapa sangka kamu bisa mendapatkan camilan yang nikmat dari mencampur seperempat alpukat matang dengan beberapa keping biskuit? Campurkan keduanya dan tumbuk. Kamu pun bakal mendapatkan camilan lezat yang kaya karbohidrat dan juga serat.

Timun dan yogurt

Gabungan timun dan yoghurt via http://www.tasteofbeirut.com/wp-content/uploads/2009/03/img_2414-1024×843.jpg

Rasa gurih dan sedikit kecut yang dibawakan yogurt memang memancing banyak orang untuk berkreasi. Kalau kamu mau, kamu bisa mencoba menggabungkan timun dan yogurt dalam satu menu. Caranya, ambil satu timun utuh untuk kemudian dicampur dengan satu cup yogurt. Dengan begitu kamu sudah mendapatkan camilan sehat dan segar dengan 12 gram karbohidrat dan 20 gram protein.

Telur rebus

Telur rebus bisa dijadikan camilan sehat via https://sparkpeo.hs.llnwd.net/e1/resize/630m620/e2/guid/Kitchen-Basics-Perfect-Boiled-Eggs/440a37fd-abfd-4a4f-9b5f-5f854586c666.jpg

Kebanyakan menggunakan telur rebus sebagai menu makanan. Tapi, siapa sangka kalau telur rebus bisa dijadikan camilan sehat untuk badan kamu. Menu yang satu ini tidak hanya portable dan tahan seharian, tapi juga nikmat jika setengah butir telur rebus dicampurkan ke saus panas yang masih segar. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan camilan kaya protein yang lezat dengan 1 gram karbohidrat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan via http://img3.mashed.com/img/gallery/7-nuts-you-should-be-eating-and-7-you-shouldnt/intro-1499887865.jpg

Yang satu ini tergolong camilan yang tak mengenal waktu. Siang atau malam, panas atau dingin, kacang-kacangan selalu menjadi teman yang asyik untuk mengisi waktu dan menemani di kala sibuk. Kacang-kacangan tidak hanya portable, tapi dijamin bisa mengusir sepi saat kamu memakannya sendirian. Bergizi pula. Maklum, 1 ons kacang-kacangan yang gurih dan renyah ini akan sanggup mengisi kekurangan energi kamu selama berjam-jam ke depan tanpa takut kegemukan karena hanya mengandung 5 gram karbohidrat.

Kubis

Keripik kubis bisa jadi cemilan enak via https://www.drweil.com/wp-content/uploads/2016/12/diet-nutrition_recipes_green-cabbage-and-mushrooms_3000x2000_000030535264-1024×768.jpg

Tidak banyak yang menyukai kubis. Tapi, pernahkah kamu mencoba keripik kubis atau kubis goreng? Pendapat kamu soal kubis yang hambar dan tidak mengandung kelezatan sama sekali pasti bakal berubah. Membuat camilan dari kubis termasuk gampang, kok. Kamu tinggal mengambil sejumput kubis untuk kemudian dicuci dan dikeringkan. Campurkan 1 sendok makan minyak dan seperempat sendok teh garam. Lalu panggang campuran ini selama 20 hingga 25 menit hingga kamu dapatkan kubis kering yang benar-benar renyah.

Edamame

Setengah cangkir edamame hanya mengandung 8 gram karbohidrat via https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/02/5-Manfaat-Kacang-Edamame-yang-Belum-Anda-Tahu.jpg

Produk dari kedelai ini sudah banyak diproduksi di dalam negeri meski tidak semua kota bisa membuatnya. Edamame kurang lebih merupakan kedelai rebus yang rasanya empuk, gurih dan nikmat banget. Camilan ini cukup mahal harganya. Tapi, kamu tidak bisa membandingkan dengan manfaat yang bakal kamu peroleh dengan mengkonsumsi camilan yang kaya serat dan protein ini. Kamu juga tak perlu khawatir kegemukan karena setengah cangkir edamame hanya mengandung 8 gram karbohidrat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Loading…

Sneaker Buatan Pizza Hut Ini Bisa Buat Pesan Pizza Lho!

Ternyata Ada Banyak Spot Snorkeling Menarik di Asia Tenggara